Berburu Kuliner Legendaris 4 Nasi Jamblang Khas Cirebon

Ade Indra Kusuma | Aditya Prasanda
Berburu Kuliner Legendaris 4 Nasi Jamblang Khas Cirebon
Nasi Jamblang (Instagram Ina Koesoema)

SBY saja menjadi salah satu fans berat nasi Jamblang lho!

Suara.com - Berburu Kuliner Legendaris 4 Nasi Jamblang di Cirebon

Pernah mencoba kuliner bernama nasi jamblang?Wah kalau belum pernah, sungguh Anda harus mencoba memburunya dimanapun Anda berada.

Nasi jamblang adalah nasi yang kerapkali ditemui dengan dibungkus daun jati. Porsinya kecil, hanya sekepal tangan orang dewasa. Proses memasaknya sama seperti nasi biasa, namun rata-rata  nasi jamblang (diaduk) dulu pakai kipas sampai dingin, baru dibungkus daun jati.

JIka Anda sedang liburan di Cirebon, rasa-rasanya perlu deh ke 4 lokasi ini untuk mencoba betapa lezatnya nasi Jamblang. Bahkan pak SBY saja menjadikan nasi jamblang menjadi salah satu menu favorit.

Berikut 4 gerai lokasi nasi jamblang di Cirebon yang bisa kamu kunjungi.

Nasi Jamblang Mang Dul

(Instagram Nina Epicure)
(Instagram Nina Epicure)

Beroperasi sejak tahun 1970-an, Anda pertama bisa menjejakkan kaki di warung nasi jamblang Mang Dul, yang rumah makannya menjelma menjadi kuliner legendaris di kota Cirebon.

Nasi berbalut daun jati ini konon telah ada sejak zaman Belanda. Di gerai Mang Dul, nasi jamblang dijajakan bersama beragam varian lauk.

Terdapat sekitar 30 lauk dari tumis balakutak, tumis kerang, sate tahu, pepes, tempe goreng dan bermacam lainnya. Seporsinya dijajakan sekitar Rp 12 ribu hingga Rp 38 ribu.

Daun jatinya nan khas menambah aroma kelezatan seporsi nasi jamblang yang dijajakan di Jalan Cipto Mangunkusumo No. 8, Pekiringan, Kesambi Cirebon ini. Menurut pemilik, SBY bahkan sering beli nasi jamblang di gerainya.

Selain Nasi Jamblang Mang Dul, Cirebon juga memiliki deretan gerai nasi jamblang lezat lainnya lho. Apa saja?

Nasi Jamblang Bu Nur

(Instagram Sovi Food Diary)
(Instagram Sovi Food Diary)

Terdapat sekitar 40 aneka lauk dijajakan di gerai Nasi Jamblang Bu Nur.

Bertempat di Jalan Cangkring No 185, Cirebon, warung Nasi Jamblang Bu Nur mulai beroperasi sejak tahun 2007.

Nasi Jamblang Pelabuhan

Nasi Jamblang (Instagram Ina Koesoema)
Nasi Jamblang (Instagram Ina Koesoema)

Seperti halnya warung nasi jamblang di Cirebon, Nasi Jamblang Pelabuhan disajikan menggunakan daun jati bersama aneka lauk yang dapat dipilih.

Untuk menikmati nasi jamblang yang dijajakan di Jalan Yos Sudarso no. 1, kota Cirebon ini, kita harus merogoh kocek sekitar Rp 18 ribu per porsinya.

Nasi Jamblang Pitri

(Instagram About Cirebon Food)
(Instagram About Cirebon Food)

Beroperasi sejak pukul 21.00 hingga 03.00 dini hari di Jalan Dr. Cipto, Cirebon, Nasi Jamblang Pitri dijajakan dengan harga yang begitu terjangkau.

Rasanya lezat menjadi teman santap yang tepat di tengah malam buta, penyelamat bagi kaum-kaum kelaparan di malam-malam yang lelap.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS