Menu Sahur Tinggi Protein, Fillet Ikan Tilapia Bakar Sambal Matah

Vania Rossa
Menu Sahur Tinggi Protein, Fillet Ikan Tilapia Bakar Sambal Matah
Ikan Tilapia. (Dok. Regal Springs Group)

Selain tinggi protein, ikan tilapia juga rendah lemak.

Suara.com - Perubahan waktu makan saat bulan puasa sebaiknya diimbangi dengan asupan gizi seimbang agar semakin menyempurnakan ibadah puasa yang kita jalani. Para ahli gizi banyak merekomendasikan protein untuk menu sahur dan berbuka. Salah satunya adalah ikan, karena mudah diolah dan kaya akan sumber nutrisi lain yang baik untuk tubuh, serta mudah dicerna.

Namun, pengolahan ikan menjadi berbagai pilihan menu, membutuhkan jenis ikan yang tepat. Kalau Anda suka ikan yang digoreng, misalnya, tentu saja juaranya adalah ikan gurame atau ikan bandeng. Sedangkan untuk menu ikan bakar, ikan kue atau ikan bawal adalah pilihan yang paling pas.

Tapi tahukah Anda, bahwa ada beberapa jenis ikan yang tetap lezat saat diolah menjadi berbagai macam menu. Salah satunya adalah ikan tilapia. Tidak hanya mudah diperoleh, ikan tilapia juga mudah dimasak, tinggi protein, dan rendah lemak.

Tilapia sebenarnya adalah nama umum untuk menyebut ratusan spesies ikan cichlid dari suku tilapiine cichlid. Di Indonesia, selain bisa ditemukan di alam liar, ikan tilapia juga termasuk komoditas perikanan yang banyak dibudidayakan di danau dan waduk air jernih.

Salah satu produsen ikan tilapia terbesar di dunia adalah Regal Springs. Pertama kali didirikan di Jawa Tengah pada 1988, Regal Springs kini sudah merambah hingga Amerika Latin. Regal Springs Indonesia merupakan bagian dari Regal Springs Group yang merupakan produsen ikan tilapia terintegrasi terbesar di dunia. Selama lebih dari 30 tahun, Regal Springs telah mengekspor 90 persen produknya ke luar Indonesia. Kini, produk ikan tilapia Regal Springs juga tersedia di pasar domestik Indonesia sebagai produk ikan premium sumber protein tinggi berkualitas.

Regal Springs Indonesia membudidayakan ikan tilapia di danau di Sumatera Utara dan beberapa waduk air jernih di Jawa Tengah dengan teknik jaring apung, yakni sistem budidaya perikanan air tawar yang ramah lingkungan.

Pakan yang digunakan Regal Springs dalam proses budidaya ikan tilapia adalah pakan terapung berbahan dasar tumbuhan yang bebas dari antibiotik, hormon pertumbuhan, dan bahan pengawet. Pakan terapung ini tidak turun ke dasar danau atau waduk dan bercampur dengan lumpur, ganggang laut, ataupun kotoran di bawah air, sehingga daging ikan yang dihasilkan bebas bau tanah (muddy flavor).

Regal Springs melakukan proses pembudidayaan secara modern dan terkendali, mulai dari pembibitan hingga panen. Setelah dipanen, ikan tilapia Regal Springs dikirimkan masih dalam keadaan hidup ke pabrik pengolahan untuk memastikan ikan diproses secara steril dan higienis serta dijamin mutunya oleh lembaga sertifikasi nasional dan internasional.

Alhasil, produk Tilapia yang sampai ke tangan konsumen adalah produk ikan yang berkualitas premium, bernutrisi tinggi, bebas bau tanah, dan memiliki tekstur terbaik. Ini artinya, ikan tidak mudah hancur saat diolah dan cocok dijadikan berbagai jenis masakan.

Kandungan protein dan vitamin D-nya yang tinggi juga tepat sebagai asupan gizi yang baik untuk keluarga. Terlebih, produk ikan tilapia Regal Springs tersedia dalam bentuk fillet yang praktis dan lezat, serta kepala ikan yang siap untuk langsung diolah di rumah, baik saat sahur maupun buka puasa.

Tertarik menyajikan ikan tilapia sebagai menu sahur? Coba resep Fillet Ikan Tilapia Bakar Sambal Matah yang sangat mudah proses pengolahannya ini.

FILLET TILAPIA BAKAR SAMBAL MATAH

Fillet Ikan Tilapia Bakar Sambal Matah. (Dok. Regal Springs Group)
Fillet Ikan Tilapia Bakar Sambal Matah. (Dok. Regal Springs Group)

Bahan:
6 fillet ikan tilaipa
1 buah jeruk nipis
Garam secukupnya

Sambal Matah:
8 buah cabai rawit merah, iris
8 buah cabai rawit hijau, iris
5 siung bawang merah, iris tipis
2 batang serai, iris
5 lembar daun jeruk, iris
½ sdt garam
½ sdt gula pasir
50 ml minyak goreng

Cara membuat:
1. Sambal: campur cabai, bawang, serai, daun jeruk, garam dan gula pasir ke dalam wadah tahan panas, lalu aduk rata, kemudian siram dengan minyak goreng panas. Angkat dan sisihkan.

2. Lumuri fillet ikan Tilapia dengan jeruk nipis dan garam, diamkan selama 20 menit agar bumbu meresap, kemudian panggang di atas pan antilengket hingga kecoklatan.

3. Sajikan dengan sambal matah di atasnya.

Hasil: 6 porsi

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS