Studi Terbaru : Jatuh Cinta Dapat Meningkatkan Kekebalan Tubuh Wanita

Rima Sekarani Imamun Nissa | Yasinta Rahmawati
Studi Terbaru : Jatuh Cinta Dapat Meningkatkan Kekebalan Tubuh Wanita
Alasan Seseorang Jatuh Cinta dengan Teman Sekantor ( shutterstock )

Kapan terakhir kali kamu jatuh cinta?

Suara.com - Selain membuat suasana hati selalu senang, rupanya jatuh cinta memiliki manfaat lain bagi tubuh. Menurut studi terbaru, jatuh cinta dapat mengakibatkan perubahan genetik yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh wanita.

Melansir dari Women In The World, selama 12 bulan para peneliti memantau 47 mahasiswa wanita di University of California. Subjek yang diteliti baru saja memulai hubungan tetapi mengatakan mereka belum jatuh cinta dengan pasangan mereka.

Para peneliti mengambil darah dari para wanita di awal proyek untuk mendapatkan estimasi awal dari pertahanan antivirus mereka. Setelah menyelesaikan pengambilan darah awal, peneliti memberikan kuesioner kepada partisipan setiap dua minggu untuk menjawab pertanyaan khusus tentang kehidupan.

Salah satu pertanyaan bertanya kepada peserta apakah mereka telah jatuh cinta dengan pasangan mereka. Melaporkan telah jatuh cinta akan menyebabkan pengambilan darah kedua. Ketika peserta melaporkan bahwa hubungan telah putus, mereka menyelesaikan pengambilan darah ketiga dan terakhir.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa wanita yang sedang jatuh cinta telah meningkatkan aktivitas gen yang terlibat dalam pertahanan antivirus dibandingkan yang tidak.

Perempuan sedang jatuh cinta. (Shutterstock)
Perempuan sedang jatuh cinta. (Shutterstock)

"Tidak ada perubahan serupa yang diamati pada wanita yang tidak jatuh cinta," kata asisten profesor Tulane Damian Murray, salah satu pemimpin dalam penelitian.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS