Hindari Over Budget, Cara Cerdas Ini Bantu Pangkas Biaya Nikah

Vania Rossa | Vessy Dwirika Frizona
Hindari Over Budget, Cara Cerdas Ini Bantu Pangkas Biaya Nikah
Ilustrasi pesta pernikahan.

Kalau mengikuti kemauan, sebanyak pun anggaran biaya yang disiapkan untuk melangsungkan pesta pernikahan pasti tidak akan pernah cukup.

Suara.com - Untuk pernikahan yang diharapkan akan berlangsung sekali seumur hidup, kita semua pasti ingin yang sempurna. Baju pengantin baru, pelaminan bagus, gedung yang berkelas, undangan yang eksklusif, dan masih banyak lagi.

Nah, guna menghindari biaya pesta pernikahan yang terlalu besar dan melebihi anggaran, ada banyak cara untuk menekan pengeluaran. Itu sebabnya, Anda harus cermat dalam mengelola biaya pernikahan agar tidak berlebihan. Melansir dari Allwomenstalk, Rabu (3/7/2019), inilah beberapa cara cermat memangkas biaya pernikahan.

Kurangi jumlah tamu
Ketika daftar tamu yang akan diundang tampak sangat banyak, jangan pernah mengurangi biaya lainnya. Tetapi, kurangi jumlah tamu dalam daftar. Seleksi lagi tamu undangan yang benar-benar harus diundang. Pilih keluarga dan teman-teman yang paling dekat. Sebab, biaya paling besar untuk pesta penikahan adalah katering. Jangan sampai karena terlalu banyak undangan, mereka semua kelaparan karena makanan kurang.

Pangkas biaya busana pengantin
Dapat dimaklumi jika memangkas biaya busana pengantin memang tidak semudah menyortir jumlah tamu. Tetapi Anda harus rela melakukan ini. Cara cermatnya adalah dengan tidak memaksakan diri memakai busana rancangan desainer ternama, tidak memakai busana pengantin keluaran terbaru, atau sengaja membuat baru. Anda bisa menyewa busana pengantin yang sudah ada, atau memakai kembali busana pengantin milik ibu yang memiliki nilai histori.

Buat daftar prioritas
Sebelum mengeksekusi sesuatu, buat daftar terlebih dahulu. Tulis apa saja yang diperlukan untuk melangsungkan pernikahan. Utamanya adalah katering, busana pengantin, pelaminan, undangan, dan dokumentasi. Prioritaskan anggaran ke daftar yang telah disebutkan, barulah memakai sisanya untuk tambahan apa yang diinginkan.

Libatkan teman dan keluarga sebagai panitia
Biaya untuk jasa wedding organizer akan sangat menguras anggaran. Jadi, mengapa tidak melibatkan teman-teman dan keluarga saja untuk mengurus pesta? Mereka bisa dimintai bantuan untuk mengawasi katering, melayani tamu VIP, mengatur undangan untuk sesi foto bersama, dan masih banyak lagi.

Bagaimana, Anda setuju dengan tips memangkas biaya pernikahan di atas?

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS