Hindari 5 Kesalahan Paling Sering Saat Membeli Barang Rumah Tangga

Vania Rossa
Hindari 5 Kesalahan Paling Sering Saat Membeli Barang Rumah Tangga
Kesalahan Paling Sering Saat Membeli Barang Rumah Tangga. (Dekoruma.com)

Tanpa disadari, kita sering melakukan kesalahan saat membeli barang yang berujung pada ketidaknyamanan di rumah.

Suara.com - Keanekaragaman jenis dan teknologi terkini barang elektronik dan alat untuk rumah tangga seringkali membuat Anda bingung harus memilih yang mana. Anda pun menjadi sulit membedakan mana alat yang Anda butuhkan dan mana yang hanya sekedar keinginan belaka.

Peristiwa ini bisa berujung pada kesalahan Anda dalam memilih barang rumah tangga. Barang yang seharusnya membuat aktivitas di rumah jadi lebih mudah dan menyenangkan bisa berubah menjadi bencana. Anda tak ingin hal ini terjadi, bukan?

Untuk menghindarinya, Anda perlu mengetahui lima kesalahan yang kerap terjadi saat memilih barang rumah tangga yang sudah dirangkum oleh Dekoruma. Mari kita simak penjelasannya berikut ini.

1. Ketidaksesuaian Ukuran Alat Rumah Tangga dengan Ukuran Ruangan

Kesalahan Paling Sering Saat Membeli Barang Rumah Tangga. (Dok. Dekoruma)
Kesalahan Paling Sering Saat Membeli Barang Rumah Tangga. (Shutterstock.com)

Apakah Anda pernah melihat ruang kecil dengan sofa yang terlalu besar atau ruang besar dengan coffee table kecil? Besarnya perabotan dalam ruang sempit pun memakan tempat hingga tidak muat. Barang yang kecil juga menciptakan ketidakselarasan dengan interior ruangan.

Maka dari itu, Anda perlu mencatat ukuran ruangan yang akan diisi oleh barang rumah tangga atau perabotan sebelum membelinya. Dengan begitu, Anda bisa menyesuaikan ukuran barang rumah tangga tersebut. Tak lupa, pertimbangkan area-area dalam ruangan yang sejatinya akan dibiarkan kosong.

2. Melebihi Perkiraan Anggaran Awal
Pasti Anda sudah memiliki anggaran dana tertentu sebelum membeli barang rumah tangga yang diinginkan, baik melalui toko fisik atau toko online. Namun, pemilihan barang yang bernilai lebih dari perkiraan hingga membeli barang lain yang Anda lakukan secara impulsif bisa membuat budget membengkak. Biasanya, hal ini disebabkan oleh adanya promo tertentu dari toko terkait.

Sebelum melakukan kegiatan jual beli, tanamkan dalam diri Anda bahwa Anda hanya membeli barang sesuai dengan rencana awal sehingga gerakan impulsif atau mendadak tidak akan merusak budget Anda. Jika Anda terpaksa membeli barang dengan harga yang mahal, pastikan barang tersebut bersifat genting untuk dimiliki.

3. Alat Rumah Tangga Tidak Ringkas dan Sulit Digunakan

Kesalahan Paling Sering Saat Membeli Barang Rumah Tangga. (Dok. Dekoruma)
Kesalahan Paling Sering Saat Membeli Barang Rumah Tangga. (Shutterstock.com)

Ragam inovasi yang diciptakan pada peralatan rumah tangga memang bertujuan untuk mempermudah penghuni rumah dalam mengerjakan pekerjaan. Namun, hal ini bisa berubah ketika Anda hanya fokus pada fungsi dan kelebihannya saja, bukan melihat lebih jauh soal tingkat kesulitan pemakaiannya. Bahkan, kesulitan pun bisa jadi Anda temukan saat Anda mulai merakitnya.

Perhatikan baik-baik cara penggunaan hingga cara perakitannya. Semakin mudah, semakin baik.

4. Membeli Barang Berbeda tapi Fungsinya Sama
Ketika berada dalam sebuah ajang diskon peralatan rumah besar-besaran, Anda tergiur dan memutuskan membeli pemanggang roti. Padahal, Anda sudah punya oven yang bisa digunakan juga untuk memanggang roti. Bahkan, memanggang roti pun bisa dilakukan menggunakan teflon yang sudah Anda miliki di rumah.

Kesalahan di atas termasuk kesalahan yang sering terjadi. Ujung-ujungnya, pemanggang roti tersebut hanya menganggur dan memenuhi ruangan saja. Sebaiknya saat ingin membeli barang rumah tangga baru, coba ingat apakah Anda punya barang yang memiliki fungsi yang sama. Jika iya, jangan membeli barang tersebut.

5. Barang Tidak Selaras dengan Konsep Ruangan

Kesalahan Paling Sering Saat Membeli Barang Rumah Tangga. (Dok. Dekoruma)
Kesalahan Paling Sering Saat Membeli Barang Rumah Tangga. (Shutterstock.com)

Keterpukauan dengan desain serta teknologi terkini sebuah barang membuat Anda lupa apakah barang tersebut selaras dengan konsep ruangan Anda atau tidak. Sebagai contoh, Anda jatuh cinta dengan chandelier kristal, padahal konsep ruangan rumah Anda adalah industrial yang identik dengan bata serta semen ekspos.

Pahamilah konsep desain interior rumah Anda. Hal ini akan menghindarkan Anda dari kesalahan dan Anda bisa membeli barang lain yang lebih selaras. Anda pun bisa lebih nyaman tinggal di rumah.

Mulai sekarang, lebih berhati-hati dan bijaklah dalam memilih barang rumah tangga. Pertimbangkan baik-baik dan sesuaikan dengan kebutuhan.

Artikel terkait:

Bikin Bujet Membengkak, Ini 6 Kesalahan Renovasi yang Harus Kamu Hindari

Hati-Hati, Perabotan Rumah Tangga Bisa Bahayakan Kesehatan!

10 Kesalahan Dekorasi Rumah Minimalis yang Nggak Kamu Sadari

Published by

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS