Inovatif, Perusahaan asal AS Kembangkan Seafood Berbahan Dasar Nabati

Dany Garjito | Aditya Prasanda
Inovatif, Perusahaan asal AS Kembangkan Seafood Berbahan Dasar Nabati
Ilustrasi ikan. (Unsplash/Nguyen Linh)

Panganan alternatif, masa depan dunia.

Suara.com - Setelah daging berbahan sel hewan, dan daging berbahan dasar tumbuhan, sejumlah ilmuwan di Amerika Serikat kembali menelurkan inovasi mencengangkan.

Kali ini, para ilmuwan di bawah bendera Impossible Foods tengah mengembangkan inovasi seafood berbahan nabati.

Prosesnya serupa daging berbahan sel hewan, di laboratorium, para ilmuwan mengembangbiakkan sel tumbuhan menjelma daging ikan dan aneka biota laut lainnya.

Dalam praktiknya, sel tersebut didukung protein bernama heme yang digunakan pula pada proses pengembangan daging berbahan sel.

Sebelumnya, Impossible Foods telah berhasil mengembangkan penemuan kaldu nabati yang memiliki cita rasa serupa kaldu ikan teri. Selain itu, perusahaan yang sama juga menelurkan daging nabati yang jadi campuran burger dan sempat jadi sorotan publik Negeri Paman Sam.

Sebelum Impossible Foods mencanangkan rencana pembuatan seafood berbahan nabati, beberapa perusahaan di AS, juga telah mengembangkan produk dengan misi serupa. Seperti Good Catch yang menjajakan tuna berbahan dasar tumbuhan dan Wild Type yang mengembangkan salmon vegetarian.

Diperkirakan, panganan alternatif pengganti daging hewan akan mendominasi 35 persen konsumsi daging dunia pada tahun 2040.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS