Kenali Lebih Jauh, Ini 5 Ciri Desain Interior Industrial

Vania Rossa
Kenali Lebih Jauh, Ini 5 Ciri Desain Interior Industrial
Ciri Desain Interior Industrial. (Dekoruma)

Terinspirasi dari konsep interior pabrik, gaya industrial dapat menghadirkan karakter kuat untuk hunian.

Suara.com - Untuk memperoleh tampilan estetik yang indah dan menawan pada hunian, desain interior lain umumnya berusaha menutupi material atau bahan dasar yang digunakan. Furnitur kayu wajib diberi finishing, plafon perlu ditutup rapat menggunakan gipsum, dan tembok semen sebaiknya dilapisi cat berwarna.

Namun, desain interior industrial justru tak takut memperlihatkan penggunaan material-material kasar secara terbuka. Kesan unfinished dengan berbagai elemen dan struktur bangunan yang terekspos dapat menampilkan keindahan yang berbeda dan konsep interior yang lebih berkarakter pada hunian.

Lantas, bagaimana cara menghadirkan interior bergaya industrial ke dalam hunian? Coba kenali lima teknik penerapan desain interior industrial yang sudah dirangkum oleh Dekoruma.

1. Penggunaan Material Kayu dan Logam

Baca Juga: Ini Untungnya Pakai Platform Desain Interior untuk Menata Ruangan

Penggunaan Material Kayu dan Logam, Ciri Desain Interior Industrial. (Dekoruma)
Penggunaan Material Kayu dan Logam, Ciri Desain Interior Industrial. (Dekoruma)

Salah satu ciri khas yang menonjol pada konsep industrial adalah material yang digunakan. Material utama yang digunakan pada desain industrial adalah kayu dan logam. Umumnya kedua material ini digunakan pada furnitur dan struktur bangunan, seperti kabinet, kursi, dan tangga.

Kayu yang digunakan dibiarkan terekspos tanpa finishing sehingga menampilkan tekstur yang lebih kasar. Sementara jenis material logam yang digunakan adalah besi, baja, stainless steel, dan alumunium. Elemen logam biasanya hadir dengan warna-warna maskulin seperti hitam dan silver memperlihatkan kesan tegas pada desain industrial.

2. Bata dan Semen Ekspos untuk Dinding dan Lantai

Bata dan Semen Ekspos untuk Dinding dan Lantai, Ciri Desain Interior Industrial. (Dekoruma)
Bata dan Semen Ekspos untuk Dinding dan Lantai, Ciri Desain Interior Industrial. (Dekoruma)

Bata dan semen ekspos adalah elemen yang identik dengan desain interior industrial. Keduanya memberi efek tampilan unfinished pada ruangan sehingga tercipta nuansa yang lebih kasual sekaligus artistik.

Kesan yang ditampilkan memang dapat menghidupkan karakter ruang, tetapi penerapannya juga perlu diperhatikan. Sebaiknya, jangan menerapkan dinding berbata ekspos dan lantai semen secara bersamaan agar keduanya tak saling berebut perhatian.

Baca Juga: Intip Inspirasi Desain Interior Stylish untuk Pasangan Muda ala Nestudio

3. Pipa yang Terekspos Jadi Aksesoris Esensial

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS