Rayakan HUT RI, Pemprov DKI Gelar Festival of Light di Monas

RR Ukirsari Manggalani | Fakhri Fuadi Muflih
Rayakan HUT RI, Pemprov DKI Gelar Festival of Light di Monas
Festival of Lights Monas sambut HUT RI ke-74 [Suara.com/Fakhri Fuadi M].

Mari tonton bersama keluarga, kemeriahan silang Monas dalam menyambut ulang tahun kemerdekaan NKRI.

Suara.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan turut memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 74 Indonesia pada 17 Agustus 2019. Salah satunya dengan menggelar pameran lampu atau Festival of Light di kawasan lapangan silang Monumen Nasional (Monas).

Pantauan Suara.com di lokasi, saat memasuki kawasan pameran, pengunjung disajikan dengan pemandangan berbagai ornamen dengan cahaya berwarna-warni. Terpasang sejumlah hiasan lampu yang dibuat menyerupai berbagai macam bentuk.

Terdapat diorama dari berbagai unsur yang lekat dengan sejarah Indonesia. Di antaranya ada patung pahlawan nasional Jenderal Soedirman, patung Garuda, kediaman Presiden Pertama RI, Soekarno, hingga patung kapal besar yang menandakan Indonesia sebagai negara kepulauan.

Deretan bendera merah putih yang bercahaya juga memenuhi sepanjang jalan setapak kawasan Monas. Karena memiliki tujuan memeriahkan HUT RI, dipajang juga logo angka 74 dengan berbagai ornamen bercahaya di sekitarnya.

Bahkan pada bagian rerumputan juga turut dipasang berbagai hiasan bercahaya. Tak hanya benda diam, lampu sorot juga terus bergerak menyorot sepanjang kawasan pameran.

Suasana malam hari membuat cahaya lampu dari berbagai hiasan menjadi menarik untuk dilihat. Hal ini membuat para pengunjung yang terdiri dari berbagai kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa melakukan swafoto atau foto bersama dengan temannya berkunjung ke acara ini.

Alunan musik juga dipasang oleh panitia agar meramaikan suasana pameran. Tak ketinggalan, ikon kota Jakarta, Monas, juga ikut berkelap-kelip memancarkan berbagai warna.

Festival of Lights Monas sambut HUT RI ke-74harid hingga 23 Agustus 2019 [Suara.com/Fakhri Fuadi M].
Festival of Light  Monas sambut HUT RI ke-74harid hingga 23 Agustus 2019 [Suara.com/Fakhri Fuadi M].

Kepala Unit Pengawasan Kawasan Monas, Munjirin mengatakan pameran ini menggunakan 5-8 hektar kawasan Monas di bagian sektor selatan dan barat. Menurutnya berbagai hiasan diadopsi dari berbagai benda di museum sejarah nasional.

"Kami mengadopsi apa yang ada di museum, di museum itu 'kan ada diorama, ada cerita-cerita," ujar Munjirin di lokasi, Rabu (14/8/2019).

Pameran ini digelar selama delapan hari sejak Kamis, 15 Agustus sampai 23 Agustus 2019 kecuali hari Senin, dimulai pukul 18.30 WIB sampai 22.00 WIB. Pengunjung tidak dikenakan biaya alias gratis.

Selain pameran lampu, diadakan pertunjukan lampu laser yang diiringi musik selama tiga kali sehari. Pukul 18.30 - 18.55, 20.00 - 20.25, dan 21.00 - 21.25 WIB. Disediakan juga sepeda dalam jumlah terbatas untuk para pengunjung berkeliling.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS