DNA Ikan Salmon Bermanfaat untuk Kecantikan Kulit, Mitos atau Fakta?

Rima Sekarani Imamun Nissa

Kamis, 29 Agustus 2019 | 11:20 WIB
DNA Ikan Salmon Bermanfaat untuk Kecantikan Kulit, Mitos atau Fakta?
Perawatan Wajah. ( Shutterstock )

Suara.com - DNA yang terdapat dalam sperma ikan salmon diyakini berkhasiat baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Namun, benarkah demikian?

Melansir Huffington Post via Hellosehat, Dr. Rachel Nazarian dari Schweiger Dermatology Group di New York menyatakan memang ada beberapa fakta ilmiah yang mendukung teori tersebut. 

Pertama adalah sebuah penelitian terbitan International Journal of Cosmetic Science di tahun 2010. Krim yang mengandung 3% DNA sperma salmon dilaporkan mengenyalkan dan melembapkan kulit wajah 90% pria partisipan setelah 12 minggu pengolesan rutin.

Kulit pria-pria tersebut mulanya tampak sangat kasar dan kering. Tim peneliti lalu menemukan, DNA sperma salmon bekerja merangsang produksi asam hyaluronat (hyaluronic acid) pada sel jaringan ikat kulit.

Bukti kedua datang dari penelitian terbitan jurnal Archives of Craniofacial Surgery tahun 2018. Krim yang mengandung DNA dari sperma salmon disebut membantu luka bakar di kulit tikus lebih cepat sembuh, ketimbang ketika dioles cairan saline atau obat luka bakar lain.

Ilustrasi fillet ikan salmon. (Shutterstock)
Ilustrasi fillet ikan salmon. (Shutterstock)

Hasil penelitian tersebut menunjukkan bagaimana krim DNA salmon membantu mempercepat penyembuhan luka dengan meningkatkan pembentukan pembuluh darah serta melancarkan aliran darah ke kulit. 

Terakhir menurut dr. Nazarian, produk skincare yang mengandung DNA sperma ikan salmon sering dianjurkan untuk memulihkan kulit setelah perawatan laser ablatif tertentu. 

Meski begitu, ternyata masih dibutuhkan bukti-bukti dari penelitian yang lebih luas untuk memastikan manfaatnya. Penelitian yang ada sampai sekarang masih terbatas diuji pada kelompok kecil manusia, hewan percobaan, atau kultur sel kulit.

Dr. Samer Jaber, dokter kulit dari Washington Square Dermatology, menjadi salah satu pihak yang masih meragukan manfaat DNA salmon untuk mencegah penuaan kulit. Dia berargumen, penelitian yang ada hanya membuktikan manfaat DNA salmon untuk meningkatkan elastisitas kulit, bukan mencegah penuaan dini.

baca juga
Ilustrasi perawatan wajah. (Shutterstock)
Ilustrasi perawatan wajah. (Shutterstock)

Menurutnya, pada dasarnya, hal paling utama yang dapat mencegah penuaan dini tetaplah rajin mengoleskan tabir surya pada kulit.

Sementara itu, beberapa ahli berpendapat kebaikan ikan salmon untuk kecantikan kulit paling berpotensi datang dari kandungan asam omega 3 dan vitamin D. 

Kulit manusia sejatinya memiliki lapisan minyak alami di bagian paling atas untuk melindungi diri dari kekeringan. Nah, asupan asam lemak omega 3 diketahui mampu membantu kulit mempertahankan kelembaban dan tetap terhidrasi. Asam lemak omega-3 sendiri sudah terbukti dapat mencegah kerusakan kolagen dan elastisitas kulit sehingga bisa membuat Anda terlihat awet muda.

Selain itu, dr. Melda Isaac, seorang dokter kulit di Washington DC, juga mengungkapkan bahwa vitamin D dari ikan salmon memiliki efek fotoprotektif. Artinya, asupan vitamin D membantu melindungi kulit dari dampak negatif radiasi sinar UV. 

Cari Tahu

Kumpulan Kuis Menarik

KUIS: Seberapa Leo Sih Kamu? Mengukur Tingkat Percaya Diri dan Karisma
Ikuti Kuisnya ➔
Kalkulator Weton Online, Cek Hari Lahir Menurut Penanggalan Jawa
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Kacamata Apa yang Paling Cocok dengan Gayamu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Sepatu Mana yang Cocok dengan Kepribadianmu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan Si Zodiak Cancer?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Karakter Apakah Kamu Saat Mati Listrik Melanda?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan MPR RI?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Work-Life Balance Mana yang Paling Kamu Banget?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Siapa Kamu di Kru Bajak Laut Topi Jerami?
Ikuti Kuisnya ➔
Kuis Ujian Kepekaan: Apakah Anda Individu yang Empati atau Justru Cuek?
Ikuti Kuisnya ➔
Simulasi TKA SD: 15 Soal Matematika Kelas 6 Materi Bilangan
Ikuti Kuisnya ➔

Komentar

Terkait

Victoria Beckham Hobi Makan Salmon Setiap Hari, Apa Manfaatnya?

Victoria Beckham Hobi Makan Salmon Setiap Hari, Apa Manfaatnya?

Health | Selasa, 20 Agustus 2019 | 17:53 WIB

Makan Tomat Setiap Hari, Ini 5 Khasiat Ajaibnya bagi Tubuh

Makan Tomat Setiap Hari, Ini 5 Khasiat Ajaibnya bagi Tubuh

Health | Sabtu, 17 Agustus 2019 | 13:52 WIB

Wanita Ini Mengaku Rutin Minum Air Kencing, Biar Apa?

Wanita Ini Mengaku Rutin Minum Air Kencing, Biar Apa?

Lifestyle | Jum'at, 09 Agustus 2019 | 15:55 WIB

Ganja Ternyata Ampuh Sembuhkan Jerawat Membandel

Ganja Ternyata Ampuh Sembuhkan Jerawat Membandel

Lifestyle | Kamis, 25 Juli 2019 | 11:09 WIB

Terkini

Tim SAR dan K-9 Dikerahkan Bantu Pencarian Korban Gempa NTT

Tim SAR dan K-9 Dikerahkan Bantu Pencarian Korban Gempa NTT

Bali | Minggu, 16 Agustus 2026 | 12:48 WIB

Gempa M 7,7 Guncang NTT, BNPB Minta 6 Kabupaten Segera Tetapkan Status Darurat

Gempa M 7,7 Guncang NTT, BNPB Minta 6 Kabupaten Segera Tetapkan Status Darurat

News | Minggu, 16 Agustus 2026 | 12:46 WIB

Pergeseran Tragedi dalam Novel Mary Shelley dan Film Frankenstein (2025)

Pergeseran Tragedi dalam Novel Mary Shelley dan Film Frankenstein (2025)

Your Say | Minggu, 16 Agustus 2026 | 12:45 WIB

1.725 Paket Sembako Disiapkan untuk Masyarakat Terdampak Bencana di NTT

1.725 Paket Sembako Disiapkan untuk Masyarakat Terdampak Bencana di NTT

Sumut | Minggu, 16 Agustus 2026 | 12:42 WIB

9 Rekomendasi Facial Wash untuk Flek Hitam Usia 40 Tahun ke Atas

9 Rekomendasi Facial Wash untuk Flek Hitam Usia 40 Tahun ke Atas

Lifestyle | Minggu, 16 Agustus 2026 | 12:35 WIB

Bobby Nasution Tegur Pejabat Pematangsiantar Pakai Mobil Dinas di Hari Libur

Bobby Nasution Tegur Pejabat Pematangsiantar Pakai Mobil Dinas di Hari Libur

Sumut | Minggu, 16 Agustus 2026 | 12:33 WIB

5 Rekomendasi Day Cream Lokal dengan SPF untuk Melindungi Kulit Wajah

5 Rekomendasi Day Cream Lokal dengan SPF untuk Melindungi Kulit Wajah

Your Say | Minggu, 16 Agustus 2026 | 12:30 WIB

BRI Peduli Tanggap Bencana Gerak Cepat Bantu Warga Terdampak Gempa Bumi Flores

BRI Peduli Tanggap Bencana Gerak Cepat Bantu Warga Terdampak Gempa Bumi Flores

Bisnis | Minggu, 16 Agustus 2026 | 12:28 WIB

Pemprov NTT Tetapkan Status Tanggap Darurat Gempa Selama 14 Hari

Pemprov NTT Tetapkan Status Tanggap Darurat Gempa Selama 14 Hari

Bali | Minggu, 16 Agustus 2026 | 12:22 WIB

Ambulans Udara hingga Dokter Terbang: Salah Kaprah Pemerintah Sikapi Masalah

Ambulans Udara hingga Dokter Terbang: Salah Kaprah Pemerintah Sikapi Masalah

Your Say | Minggu, 16 Agustus 2026 | 12:20 WIB

×