Buat yang Suka Mandi Malam, Ini 3 Alasan Jangan Keramas di Malam Hari

Vania Rossa | Dini Afrianti Efendi
Buat yang Suka Mandi Malam, Ini 3 Alasan Jangan Keramas di Malam Hari
Ilustrasi rambut basah setelah keramas di malam hari. (Shutterstock)

Lebih baik keramas di pagi hari saja, deh.

Suara.com - Mencuci rambut atau keramas di malam hari setelah pulang kerja, jadi cara banyak orang agar tubuh segar dan kembali rileks. Tapi sayangnya, alih-alih bermanfaat, keramas di malam hari justru cenderung merusak kesehatan rambut.

Mengutip laman Times of India, Jumat (20/9/2019), berikut 3 alasan kenapa kamu sebaiknya tak lagi keramas di malam hari.

1. Kamu akan tidur dengan rambut masih basah
Kemungkinan besar kamu akan tidur dalam kondisi rambut masih basah. Ini sangat tidak disarankan. Selain membuat bantal basah dan berpotensi menyebabkan kamu jadi pusing dan masuk angin, hal ini juga akan membuat rambut kamu lebih kusut di pagi hari. Hal ini terjadi karena kultikula rambut akan tetap terbuka setelah keramas akibat gesekan-gesekan saat kamu tidur.

2. Memicu pertumbuhan jamur dan ketombe
Rambut yang basah dan terbawa tidur akan memicu pertumbuhan jamur, ketombe, rambut rontok, dan infeksi pada kulit kepala. Ini terjadi karena kuman-kuman akan berkembang pesat saat keadaan kulit lembab dan dibiarkan selama berjam-jam. Apalagi jika keesokan harinya kamu tidak segera mengganti bantal yang basah tersebut. Bakteri yang sudah terlanjur berkembang di bantal tersebut, akan kembali menginfeksi saat kamu tidur di bantal yang sama keesokan harinya.

3. Memicu bad hair day
Alih-alih rambut terlihat rapi dan tercium bau harum di pagi hari, kamu malah akan mendapatkan rambut kusut dan bau apek. Iya, saat tidur kita tentu sulit mengontrol pergerakan badan, sehingga rambut dalam keadaan basah terus tergesek-gesek ketika kita bergerak. Dan, karena tidak mendapat udara yang cukup, rambut menjadi lebih lama kering dan menghilangkan wangi sampo yang tadi kamu pakai.

Lalu harus bagaimana dong? Nah, dari pada repot bangun pagi hanya untuk keramas, cobalah cari solusi sederhana. Misalnya, pastikan rambut kamu benar-benar kering sebelum tidur. Lalu aplikasikan sedikit kondisionder dan jangan ikat rambut saat tidur. Menggunakan sarung bantal sutra juga bisa dicoba agar rambut tidak rusak.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS