Bikin Kalap Belanja, Ini 3 Trik Toko yang Mungkin Tidak Kamu Sadari

Vika Widiastuti | Rima Suliastini
Bikin Kalap Belanja, Ini 3 Trik Toko yang Mungkin Tidak Kamu Sadari
Ilustrasi kalap belanja. (Pixabay/Stock Snap)

Pernah kalap belanja tanpa disadari? Barangkali kamu kena trik toko ini.

Suara.com - Belanja memang menyenangkan. Dengan berjalan-jalan dan belanja, seolah pening kepala langsung hilang begitu saja. Apalagi kalau banyak diskon di pertokoan. Duh, auto kalap belanja deh!

Eits jangan kalap dulu Girls, jangan-jangan kamu terkena bujuk rayu pusat perbelanjaan dengan tiga trik toko di bawah ini.

Buat kamu yang sering kalap saat beli baju, coba cermati baik-baik tiga point di bawah ini sebelum beranjak ke kasir dan melanjutkan transaksi.

Diskon gede-gedean
Dilansir dari Money, diskon memiliki kunci penting bagi toko untuk menggaet konsumen. Jika kamu mendengar kata diskon, pasti langsung sumringah dan mengecek barang apa saja yang ditawarkan dengan harga miring.

Ternyata itu adalah salah satu trik toko agar kamu kalap belanja barang yang bukan kebutuhanmu. Sebaiknya tahan diri untuk tidak membeli barang yang bukan kebutuhan. Jika ingin membeli, perhatikan juga kualitas barang diskon karena biasanya toko punya alasan khusus ketika menurunkan harganya.

meriahkan pemilu, ikea diskon hingga 70 persen [shutterstock]
Ilustrasi diskon. [shutterstock]

Ruang ganti
Nah lho, trik toko yang ini mungkin jarang kamu sadari. Jadi menurut ahli konsumer Andrea Woroch, ruang ganti di beberapa toko akan dibuat semenarik mungkin agar kamu merasa cantik dan membeli baju yang sudah dicoba.

Pihak toko sadar betul jika pelanggan sudah masuk ke ruang ganti, itu artinya mereka sudah setengah jalan untuk menuju ke kasir.

"Retailer menggunakan cermin yang bisa mengubah tampilan bentuk untuk membuat pembelanja terlihat lebih kurus, mengetahui kebanyakan orang akan membeli baju jika mereka suka dengan apa yang mereka lihat," kata ahli konsumer Andrea Woroch.

Ilustrasi ruang ganti. (Pixabay/Gregor)
Ilustrasi ruang ganti. (Pixabay/Gregor)

Diskon hari terakhir
Siapa sih yang nggak panik dengar diskon gede-gedean akan berakhir hari ini? Kamu pasti akan langsung meluangkan waktu untuk menghampiri toko dan siap bersaing dengan pelanggan lain yang juga memiliki pemikiran sama.

Ternyata ini juga salah satu strategi marketing yang digunakan toko agar pelanggan kalap belanja. Sebaiknya teliti dulu sebelum memutuskan pergi ke toko diskon, toh belum tentu barang yang mereka tawarkan sesuai dengan kebutuhanmu.

Ingat, jangan mudah tergiur trik toko ya!

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS