alexametrics

Tak Hanya Tubuh, 5 Tips Detoks Pikiran untuk Redakan Stres

Vika Widiastuti | Kintan Sekarwangi
Tak Hanya Tubuh, 5 Tips Detoks Pikiran untuk Redakan Stres
Ilustrasi teman. (Unsplash/Helena Lopes)

Hal ini akan membuat pikiran kembali jernih dan hati menjadi lebih tenang.

Suara.com - Hampir setiap orang pernah mengalami stres. Hal tersebut ditimbulkan karena banyak faktor, contohnya kesibukan dan padatnya rutinitas.

Rasanya sulit untuk berpikir jernih karena otak kita terasa sangat sesak akan berbagai hal yang terlalu rumit menjadi satu. Jika hal ini terjadi, maka perlu untuk melakukan detoks pikiran.

Ternyata tak hanya tubuh saja yang perlu detoks untuk mengeluarkan racun-racun yang ada. Pikiran juga butuh detoks supaya stres bisa reda.

Dilansir dari laman Mind Body Green, di bawah ini ada beberapa tips detoks pikiran untuk redakan stres. Penasaran apa saja?

Baca Juga: 5 Ciri Teman Toxic yang Cuma Bikin Tambah Stres, Auto Jauhi

1. Ambil jeda

Mengambil jeda dan berusaha melemaskan otot-otot tubuh dapat menjadi langkah pertama untuk detoks pikiran. Bisa dimulai dengan duduk di kursi nyaman dengan meletakkan kedua telapak tangan di paha.

Ilustrasi Stres Gara-Gara Media Sosial. (Shutterstock)
Ilustrasi Stres. (Shutterstock)

Kemudian tutup mata, lalu bernapas perlahan. Nikmati setiap helaan napas dan biarkan tubuh menikmati sesuai dengan helaan napas kita.

2. Menerima semua perasaan negatif yang datang

Bagian dari respons otak alami manusia adalah merasa cemas dan stres. Ini adalah cara adaptif otak untuk memberi tahu kita bahwa ada sesuatu yang harus kita perhatikan.

Baca Juga: Selain Meredakan Stres, Yoga Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Ketika kita mulai bisa menerima perasaan negatif yang ada, kita secara tidak langsung menciptakan lebih banyak ruang dalam diri kita.

Komentar