Tips Skincare Ramuan Wortel, Benarkah Malah Bikin Kulit Menjadi Kuning?

Rima Sekarani Imamun Nissa | Rosiana Chozanah
Tips Skincare Ramuan Wortel, Benarkah Malah Bikin Kulit Menjadi Kuning?
Ilustrasi makan wortel. (Sumber: Shutterstock)

Dikenal sebagai karotenemia, kondisi yang terjadi ketika karoten larut di dalam lemak.

Suara.com - Warganet sedang ramai membahas cuitan seorang pengguna Twitter @woutyous, tentang tips perawatan wajah secara alami dengan mengonsumsi minuman wortel yang diberi perasan jeruk nipis.

"Fungsinya menurut guruku: mencegah dan mengurangi jerawat, bikin kulit sehat dan mulus, bagus buat mata," tulis @woutyous, Minggu (7/10/2019) kemarin.

Namun, warganet justru mempermasalahkan dampak yang dapat terjadi akibat ramuan ini.

"Tiap hari entar kelebihan caroutine lagi," balas salah seorang warganet.

"Namanya carotenemia, kelebihan zat karotin. Kalau untuk dikulit misal tangan itu nggak terlalu kelihatan, yang kelihatan jelas itu di telapak tangan, telapak kaki, dan telinga. Lama-lama juga hilang sendiri tapi kalau udah muncul kuning, mending disetop karena bisa keracunan kalat terlalu banyak konsumsi," balas warganet lain.

Ternyata balasan warganet tersebut benar adanya.

Warganet berbagi resep skincare dari gurunya. (Twitter/@woutyous)
Warganet berbagi resep skincare dari gurunya. (Twitter/@woutyous)

Itu dikenal sebagai karotenemia, yakni kondisi yang terjadi ketika karoten larut di dalam lemak.

Berdasarkan Live Science, mengonsumsi terlalu banyak wortel dapat menghasilkan terlalu banyak beta-karoten. Ini adalah molekul yang membuat wortel berwarna oren dan 'pelopor' vitamin A.

Jumlah karoten yang berlebihan cenderung menumpuk di lapisan kulit terluar, sehingga menghasilkan kulit berpigmen kuning atau oranye, terutama di telapak tangan, telapak kaki, lutut, dan daerah hidung.

Tips Skincare Ramuan Wortel, Benarkah Malah Bikin Kulit Menjadi Kuning? - 2
llustrasi jus wortel. (Shutterstock)

Meskipun sebagian besar karotenemia terjadi pada bayi ketika mereka diberi makan terlalu banyak bubur wortel makanan bayi, itu juga bisa dialami orang dewasa.

Satu cangkir wortel cincang mentah mengandung sekitar 15 mg karoten, menurut Database Nutrient Departemen Pertanian AS. Jadi Anda perlu makan setengah cangkir wortel cincang setiap hari selama berbulan-bulan, untuk mengalami karotenemia.

Meskipun penampilan luarnya dramatis, karotenemia adalah kondisi yang sebagian besar tidak berbahaya dan seringkali dapat dibalikkan.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS