Jakarta Fashion Week 2020 Resmi Ditunda, Ini Alasannya

Ade Indra Kusuma | Vessy Dwirika Frizona
Jakarta Fashion Week 2020 Resmi Ditunda, Ini Alasannya
Konferensi pers pengumuman JFW 2020. Svida Alisjahbana (tengah).[Suara.com/Vessy]

Situasi politik pasca pelantikan 20 Oktober dikhawatirkan mengganggu kelancaran JFW 2020.

Suara.com - Jakarta Fashion Week 2020 Resmi Ditunda, Ini Alasannya.

Jakarta Fashion Week (JFW 2020) sepatutnya akan digelar pada 19-25 Oktober 2019. Namun, pekan mode yang telah dinantikan para pencinta fashion ini terpaksa ditunda.

Hal itu diungkap oleh Svida Alisjahbana, selaku CEO GCM Group sekaligus Chair Woman Jakarta Fashion Week. Pihak penyenggara mengatakan, ada sebuah alasan yang menjadi pertimbangan mengapa ajang ini harus diundur penyelenggaraannya.

"Mengingat Indonesia telah memilih Presiden dan Wakil Presiden April lalu dan pasangan terpilih akan dilantik pada 20 Oktober 2019, satu hari setelah opening ceremony digelar, maka penyelenggaraan JWF 2020 harus diundur," ungkap Svida dalam konferensi pers yang dihadiri Suara.com, Selasa (15/10/2019).

Rentannya situasi dan kondisi politik serta keamanan pasca pelantikan dikhawatirkan akan mengganggu kelancaran jalannya ajang pekan mode nantinya. Mengingat lokasi pagelaran sangat dekat dengan titik-titik lokasi yang mendapat mengamanan ketat.

"Demi kelancaran proses tersebut, beberapa area termasuk pada lapis pertama lokasi prosesi akan diberikan keamanan ketat. Kebetulan Senayan City termasuk dalam area tersebut," papar Svida.

Ia menambahkan, dengan perubahan tersebut, maka pihak penyelenggara memutuskan JFW 2020 akan diselenggarakan pada 22-28 Oktober 2019. Mundur tiga hari dari tanggal penyelenggaraan awal. 

Sementara itu, Fashionlink Showroom And Market yang awalnya akan diadakan pada 21-25 Oktober 2019, kini akan diselenggarakan sepanjang 22-26 Oktober 2019.

"Kami sudah menghubungi semua mitra dan desainer terkait penyesuaian jadwal. Beberapa mitra setuju bahwa JFW 2020 diundur. Keputusan ini justru akan memastikan jumlah partisipan yang lebih prima daripada undangan dan pecinta fashion yang datang sebagai pengunjung," kata Svida.

Sebagai informasi, acara tetap akan berlangsung di lokasi yang sama, Senayan City, Jakarta Pusat. Para pengunjung tidak perlu khawatir, sebab semua undangan yang sudah disebarkan didapat melalui aplikasi JFW akan tetap berlaku dengan acara yang sudah tertera, meski hari dan jamnya berganti.

"Kami menyampaikan maaf yang sebesar-besarnya atas ketidaknyamanan ini. Kami berharap semua pihak dapat berbagi semangat untuk menghormati prosesi kenegaraan yang akan berlangsung," tutupnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS