alexametrics

Diet Keto, 5 Pemanis Ini Bisa Gantikan Gula

Rima Sekarani Imamun Nissa
Diet Keto, 5 Pemanis Ini Bisa Gantikan Gula
Diet keto atau diet ketogenik. (Shutterstock)

Ada beberapa alternatif pemanis untuk diet keto.

Suara.com - Saat menjalani program diet keto, Anda dituntut mengurangi asupan karbohidrat seperti makanan bertepung, camilan, dan makanan olahan lain. Anda juga harus membatasi konsumsi gula dan makanan manis.

Seperti diketahui, gula merupakan sumber energi. Hanya saja ketika menjalani diet keto, Anda harus membatasi asupannya agar tubuh mulai memecah cadangan lemak menjadi energi. 

Namun, godaan yang datang kadang memang sulit ditolak, apalagi kalau Anda adalah penggemar makanan manis. Kabar baiknya, Anda dapat menggunakan pemanis alami untuk menu makanan dan minuman selama menjalani diet keto.

Melansir Hellosehat, berikut beberapa pemanis alami yang sehat dan aman dikonsumsi untuk diet keto. 

Baca Juga: Diet Keto, Hanya Boleh Dilakukan Maksimal 6 Bulan

Stevia

Stevia merupakan pemanis alami yang diekstrak dari tanaman Stevia rebaudiana. Setiap 100 gram daun stevia mengandung 20 kalori dan skala indeks glikemik nol.

Semakin rendah indeks glikemik, semakin lama pula pemanis tersebut dipecah dalam tubuh. Akibatnya, gula darah pun tidak melonjak tiba-tiba. 

Gunakan sedikit saja dan stevia sudah bisa memberikan rasa manis yang cukup menyenangkan untuk variasi menu diet keto Anda. Hal ini lantaran stevia 200-400 kali lebih manis daripada gula biasa.

Diet ketogenic yang dikenal pula dengan sebutan diet keto, yaitu diet karbohidrat. (Shutterstock)
Diet ketogenic yang dikenal pula dengan sebutan diet keto, yaitu diet karbohidrat. (Shutterstock)

Xylitol

Baca Juga: Diet Keto Bisa Menimbulkan Gangguan Pencernaan, Mitos atau Fakta?

Xylitol adalah pemanis yang berasal dari gula alkohol dan biasanya ditemukan pada produk permen karet bebas gula. Rasanya hampir sama dengan gula biasa tetapi setiap gramnya hanya mengandung 3 kalori dan 1 sendok teh xylitol memiliki 4 gram karbohidrat.

Komentar