Berhenti Khawatir, Ini 5 Cara untuk Mengontrol Hidup Anda

Vania Rossa
Berhenti Khawatir, Ini 5 Cara untuk Mengontrol Hidup Anda
Ilustrasi khawatir, cemas. (Shutterstock)

Rasa khawatir terus-menerus hanya akan menguras energi Anda.

Suara.com - Setiap orang pastilah memiliki kekhawatiran dan kecemasan. Padahal, ada kalanya hal-hal yang Anda khawatirkan adalah sesuatu yang tidak penting. Jadi, mulailah berhenti mengkhawatirkan banyak hal. Salah satu caranya adalah dengan mengontrol diri Anda sendiri. Jangan biarkan kecemasan dan kekhawatiran menghantui hidup Anda.

Nah, buat Anda yang pencemas dan suka khawatir, ini dia 5 cara yang bisa dilakukan untuk mengontrol hidup seperti dilansir dari The Minds Journal.

1. Kenali kekhawatiran Anda
Memahami kapan dan bagaimana kekhawatiran Anda datang adalah langkah pertama yang harus dilakukan. Dengan mengenali itu semua, maka Anda akan bisa mengalihkannya dengan melakukan tindakan yang produktif.

2. Identifikasi apa perasaan Anda sebenarnya
Mampu mendengar apa yang benar-benar diisyaratkan oleh perasaan Anda membutuhkan latihan, dan terkadang dukungan dari terapis. Sebelum mulai khawatir, cobalah telaah lebih dalam apa sebenarnya yang Anda takutkan. Urai satu-persatu kekhawatiran Anda.

3. Selesaikan kekhawatiran Anda
Setelah itu, lakukan identifikasi mengenai apa sesungguhnya yang Anda harapkan, dan apa yang Anda inginkan. Dengan begitu, mungkin Anda akan menemukan bahwa ada cara lain untuk menggapai keinginan Anda ketika satu jalan gagal dilakukan.

4. Tentukan tindakan apa yang akan Anda ambil
Kadar kekhawatiran setiap orang tentu berbeda-beda, begitu juga dengan tindakan apa yang akan Anda lakukan untuk mengatasi kekhawatiran tersebut. Kuncinya adalah fokus pada solusi yang paling baik untuk meredakan kecemasan Anda.

Di sinilah pentingnya mendengarkan dan memikirkan kekhawatiran Anda baik-baik. Jangan gegabah. Persepsi yang tidak akurat akan memicu tindakan yang tidak efektif, yang pada gilirannya akan menimbulkan lebih banyak kekhawatiran dan kegelisahan.

5. Lakukan dengan segera
Kecemasan dan kekhawatiran yang parah akan menguras energi Anda, membuat Anda menjadi tidak produktif dalam hal apapun. Jadi, segeralah ambil tindakan. Setelah Anda mengidentifikasi sumber kekhawatiran, ambil tindakan yang bisa dilakukan segera. (Aflaha Rizal)

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS