alexametrics

Cara Aman Tinggalkan Rumah saat Libur Tahun Baru

Silfa Humairah Utami | Dinda Rachmawati
Cara Aman Tinggalkan Rumah saat Libur Tahun Baru
Ilustrasi tinggalkan rumah saat tahun baru. (Shutterstock)

Lakukan hal ini sebelum tinggalkan rumah saat libur tahun baru

Suara.com - Cara Aman Tinggalkan Rumah saat Libur Tahun Baru

Anda dan keluarga mungkin sudah memiliki rencana bepergian untuk menghabiskan tahun baru bersama keluarga. Beragam persiapan, mulai dari tiket perjalanan, akomodasi, itenerary biasanya sudah Anda siapkan.

Namun, sudahkah Anda menyiapkan proteksi keamanan rumah, ruko bisnis, hingga properti berharga yang akan Anda tinggalkan selama liburan?

Berdasarkan penelitian umum, kurangnya persiapan dan tindakan pencegahan terhadap situasi tertentu dapat menimbulkan rasa cemas. Salah satunya, cemas ketika meninggalkan rumah dalam waktu lama, seperti berlibur.

Dikutip dari Psycom, gangguan kecemasan atau disebut juga Anxiety adalah perasaan takut, khawatir, atau perasaan tidak menyenangkan terhadap sesuatu. Cemas dapat membuat kehidupan menjadi tidak normal.

Baca Juga: Ini Daftar Pengalihan Rute Bus Transjakarta Saat Malam Tahun Baru

"Gejala yang timbul dari kecemasan mengganggu dapat berupa denyut jantung menjadi cepat, jantung berdebar-debar (palpitasi), mual, gemetar, sulit berkonsentrasi, berkeringat, mulut kering, sakit dada, sakit kepala, atau tidak bisa tidur, dan bernapas cepat," tulis psikolog klinis, Christina Gregory, PhD dalam siaran pers yang Suara.com terima.

Jika kondisi seperti itu terjadi saat liburan bersama keluarga tentu sangat menyiksa. Anda yang seharusnya bersenang-senang, malah tidak tenang karena pikiran dihantui rasa takut akan hal-hal yang tak diinginkan terjadi di rumah.

Seperti pencurian akibat lupa mengunci pintu, kebakaran karena lupa mematikan listrik, alat elektronik, kompor, atau kran air, dan lain sebagainya.

Untuk itu, proteksi disetiap property sangatlah penting. SP Low selaku Co-Founder & Chief Technical Officer CommandFusion mengungkap, tindakan preventif untuk proteksi berbasis teknologi kini menjadi solusi mengamankan harta benda yang Anda miliki serta menyelamatkan dari ancaman terjadinya musibah yang tak diinginkan

"Untuk itu CommandFusion hadir sebagai produk evolusi yang menjadi solusi meredam kecemasan dan meminimalisir terjadinya pencurian, kebakaran, atau kejadian yang tak diinginkan lainnya. Perangkat lunak dan keras yang dirancang simple, otomatis, andal, dan terjangkau ini dapat digunakan sebagai alat kontrol sistem keamanan bangunan," ujar SP Low.

Baca Juga: Rayakan Malam Tahun Baru, Masyarakat Dilarang Main Petasan Dekat SPBU

Selama ini sistem umum yang terdapat di sebuah bangunan masih tergolong konvensional. Baik sistem penerangan, keamanan, pengaturan temperatur, ventilasi, dan hiburan. Pada bangunan konvensional, alat kontrol pengaturan sistem masing-masing berdiri sendiri dan terpisah, baik dengan menggunakan saklar, remote control, keypad, dan alat lainnya.

Komentar