5 Tempat Wisata Alam yang Paling Populer di Bengkulu

Fabiola Febrinastri | Dian Kusumo Hapsari
5 Tempat Wisata Alam yang Paling Populer di Bengkulu
Bengkulu masuk dalam Proyek Pelebaran Jalan Lintas Barat Sumatera (Western Indonesia National Road Improvement Project WINRIP). [Dok Kementerian PUPR]

Pesan tiket pesawat ke Bengkulu dari sekarang supaya tidak kehabisan.

Suara.com - Bengkulu merupakan bagian dari Nusantara yang patut dibanggakan. Pasalnya, bumi Rafflesia ini memiliki kontur alam mengagumkan. Tak hanya alam pantainya, tetapi juga air terjun, bukit, hingga pegunungan.

Anda tertarik mengunjungi Bengkulu di momen liburan akhir pekan? Berikut ini tempat wisata alam yang direkomendasikan.

1. Air Terjun Batu Layang

Air Terjun Batu Layang (Doc :google.com/maps)
Air Terjun Batu Layang (Doc :google.com/maps)

Anda pernah melihat tiga air terjun mengaliri satu sungai? Jika belum pernah, Anda bisa mengunjungi Air Terjun Batu Layang. Tinggi air terjun ini sekitar 60—70 meter dengan debit cukup deras. Sementara lebarnya mencapai 40 meter.

Ketiga air terjun jatuh ke sungai yang kedalamannya sekitar 0,5—2 meter. Aliran sungai ini tidak terlalu deras sehingga aman untuk berenang. Jika beruntung, Anda pun bisa melihat kawanan monyet ekor panjang di sekitar area sungai.

2. Wisata Alam Bukit Kaba

Wisata Alam Bukit Kaba cocok untuk Anda yang menyukai tantangan. Pasalnya, objek rekreasi alam ini hanya bisa diakses dengan berjalan kaki. Itu pun, Anda harus menaiki 307 anak tangga sampai ke puncak Bukit Kaba.  

Tiba di puncak, Anda akan disuguhi panorama perbukitan dan delapan kawah gunung berapi. Uniknya, kawah-kawah tersebut tertutup oleh vegetasi hijau sehingga tampak asri dari kejauhan.

Penasaran dengan pesona Bukit Kaba? Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi untuk mencapai lokasinya. Jarak tempat wisata tersebut dari pusat kota hanya sekitar 90 kilometer.

3. Wisata Mangrove Pulau Baai

Mangrove Pulau Baai adalah salah satu hutan bakau yang dilestarikan di Provinsi Bengkulu. Kawasan seluas 247,61 hektare ini mulai dibuka untuk umum pada tahun 2017 lalu. Meski terbilang baru beroperasi, mangrovetersebut menjadi objek wisata alam terpopuler di Bengkulu.

Salah satu hal yang membuat Mangrove Pulau Baai populer adalah perahu wisatanya. Hanya dengan membayar Rp10.000 per orang, Anda bisa mengelilingi perairan di hutan mangrove. Selama menyusuri perairan, Anda dapat menemukan beberapa jenis hewan langka. Contohnya, elang tiram, monyet ekor panjang, lutung kelabu, berang-berang, dan bajing kelapa.

4. Pantai Aluran Pandan

Jika Anda menyukai pantai, Aluran Pandan bisa dijadikan destinasi. Meski termasuk objek wisata baru, Pantai Aluran Pandan ramai dikunjungi wisatawan. Pasalnya, pantai unik ini menawarkan panorama sunset yang menawan. Selain itu, Pantai Aluran Pandan memiliki ombak tenang, laut biru jernih, dan hamparan pasir putih.

5. Kebun Teh Bukit Daun

Kebun Teh Bukit Daun (Doc: earth4live.blogspot.com)
Kebun Teh Bukit Daun (Doc: earth4live.blogspot.com)

Sejuk dan hijau; itulah dua hal yang identik dengan Kebun Teh Bukit Daun. Perkebunan ini beroperasi pertama kali pada tahun 2004. Luasnya sekarang mencapai 264 hektare—membentang di kaki bukit. Sementara lokasinya, berada di Desa Sentral Baru, Bermani Ulu, Rejang Lebong, Bengkulu.

Karena keindahannya, Kebun Teh Bukit Daun kini menjadi salah satu objek wisata alam terbaik di Bengkulu. Hampir setiap hari, Kebun Teh Bukit Daun dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara. Di tempat ini, mereka tidak hanya berfoto atau berjalan-jalan, tetapi juga ikut memetik daun teh.

Demikian ulasan lima tempat wisata alam di Bengkulu yang memiliki pemandangan mengagumkan. Untuk menjangkau semua lokasi wisata tersebut, Anda harus mengawali perjalanan dengan pesawat menuju Bengkulu. Pesan tiket pesawat ke Bengkulu dari sekarang supaya tidak kehabisan.

Kalau Anda ingin mendapatkan tiket murah ke Bengkulu, pastikan memesannya lewat Airy. Dengan aplikasi ini, setiap transaksi Anda dijamin bebas penipuan dan aman. Saat mengalami kendala dalam perjalanan, Anda boleh melakukan refund dan reschedule.

Untuk urusan penginapan, tenang saja, Airy juga menyediakan beragam hotel dengan kualitas terbaik di Bengkulu. Jadi, sudah siap untuk menjelajahi keindahan alam di Bengkulu? Segera cari hotel dan tiket pesawatnya di Airy ya, sebelum kehabisan.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS