Hasil Penelitian: 5 Alasan Perempuan Belum Ingin Menikah

Vania Rossa | Dini Afrianti Efendi
Hasil Penelitian: 5 Alasan Perempuan Belum Ingin Menikah
Ilustrasi perempuan lajang. (Shutterstock)

Ini alasan perempuan masih menikmati masa lajangnya meski usia sudah cukup untuk menikah.

Suara.com - Di umur mendekati 30 tahun, biasanya perempuan sudah dipertanyakan oleh orang sekitar untuk menikah. Padahal, belum tentu si perempuan tersebut mau atau sudah siap untuk menikah. Apalagi kalau alasan menikah hanya karena tekanan dari orang sekitar.

Diwartakan laman Genius Beauty, Jumat (14/2/2020), hasil penelitian mengungkap 5 alasan kenapa perempuan belum ingin menikah.

1. Perempuan suka kebebasan

Psikolog dan peneliti Burke Hagemeier Universitas Jen, Jerman, telah mewawancarai hampir seribu orang perempuan berusia 18 hingga 73 tahun. Hasilnya, perempuan ternyata merasa lebih nyaman sendirian dibanding laki-laki.

Perempuan mencatat, jika kurangnya hubungan percintaan justru malah memberi mereka peluang untuk berkembang dan mengejar impian mereka. "Melakukan apa yang saya inginkan" adalah alasan utama mengapa perempuan sangat menghargai kebebasan dan kesepian mereka.

2. Perempuan tidak takut diisolasi secara sosial

Para perempuan sangat tahu bagaimana menjadi teman yang baik dibandingkan laki-laki. Sebagaimana hasil kesimpulan yang didapat peneliti Pew Reserarch Center, kesendirian memberi perempuan kesempatan untuk bisa lebih banyak berteman. Tidak perlu melapor ke pasangan, Anda bisa berkomunikasi dengan orang-orang yang sangat ingin menjalin hubungan persahabatan.

Peserta penelitian, yang menjawab tentang survei pernikahan atau menjalin satu hubungan, menemukan bahwa lingkaran pertemanan mereka sangat dibatasi oleh keinginan pasangan. Banyak mereka yang mengalami ini, apalagi ketika seorang laki-laki menemukan teman pasangannya tidak bisa berkomunikasi yang baik dengannya.

3. Perempuan menghargai impian mereka

Saat perempuan masih melajang, mereka sangat mudah melakukan hobi atau apapun yang mereka inginkan. Tapi dalam pernikahan, mereka harus selalu mempertimbangkan keinginan pasangan.

Fakta sebaliknya juga didapatkan para peneliti Pew Reasearch Center, yang menyebut bahwa laki-laki jauh lebih mudah melakukan hobi atau apapun hal yang diinginkan saat istri atau pacar sedang menunggu di rumah. Ini berdasarkan survei 73 persen laki-laki menyatakan yang sama, yakni "mudah untuk melakukan apa yang Anda sukai ketika istri bersama Anda."

4. Perempuan tidak ingin melakukan semua pekerjaan rumah

Nah, ini sangat penting, karena saat perempuan menjalin hubungan, khususnya sudah menjadi istri, mereka akan dipaksa terlibat dengan pekerjaan rumah sehari-hari. Siapapun akan setuju jika perempuan akan melakukan pekerjaan rumah tangga lebih banyak daripada laki-laki.

The Guardian menulis, bahwa setelah menikah, perempuan harus berhadapan dengan pilihan: menikah dan melupakan semua impian, karier, atau merawat rumah, suami, dan anak. Itulah mengapa semakin banyak perempuan yang tidak ingin menikah.

5. Perempuan tidak ingin mengasuh anak

Semakin tua laki-laki, maka semakin banyak perawatan yang diharapkan datang dari perempuan. Dan ternyata, di rumah, perempuan juga bertanggung jawab pada anak-anak dan suami, seperti halnya mencuci, membersihkan, memasak, dan mendukung pasangan secara emosional.

Nah, semakin tua perempuan, semakin ia ingin menghindari beban ini. Kesimpulan ini datang dari Sosiolog Zosia Bielski, yang melakukan penelitian untuk dipublikasi Kanada The Globe and Mail.

Zosia mewawancarai perempuan di atas usia 60 tahun, didapatkan mereka yang sudah menikah tidak ada yang ingin menikah lagi. Kebebasan secara keuangan membuat perempuan bisa menetapkan standar, dan sayangnya laki-laki tidak bisa melakukan itu.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS