Ini 7 Prasasti Bukti Kerajaan Tarumanegara, Materi Belajar dari Rumah TVRI

Ririn Indriani
Ini 7 Prasasti Bukti Kerajaan Tarumanegara, Materi Belajar dari Rumah TVRI
Ilustrasi belajar dari rumah. [Antara Foto]

Sejarah Kerajaan Tarumanegara menjadi tayangan edukatif Belajar dari Rumah di TVRI hari ini, Kamis (30/4/2020).

Suara.com - Kerajaan Tarumanegara atau Tarumanagara adalah salah satu kerajaan tertua di Nusantara yang meninggalkan catatan sejarah

Kerajaan bercorak agama Hindu Wisnu ini bertempat di wilayah sekitar muara Sungai Citarum (sesuai dengan kata ‘Tarum’ dalam Sungai Citarum dan Kerajaan Tarumanegara.

Kurun waktu berlangsungnya kerajaan ini adalah antara tahun 358 M hingga 669 M.

Beberapa tokoh ternama dalam kerajaan ini adalah Jayasingawarman (yang dianggap sebagai raja pertama), Dharmayawarman, Purnawarman, Linggawarman, dan lainnya.
Masa kejayaan dari kerajaan ini terjadi pada masa kepemimpinan Purnawarman.

Dikutip dari zenius.net Raja Purnawarman dikabarkan pernah memiliki kekayaan berupa 1.000 ekor sapi untuk sesembahan kepada Dewa Siwa, yang mana hal tersebut dapat menjadi rujukan untuk menggambarkan kondisi kemakmuran Kerajaan Tarumanegara.

Kerajaan Tarumanegara mengalami kemunduran, karena serangan Kerajaan Sriwijaya beserta perpecahan di kalangan istana.

Kerajaan Tarumanegara terpecah menjadi dua yaitu Kerajaan Sunda dan Kerajaan Galuh akibat perselisihan internal antara Tarusbawa (menantu raja Linggawarman) dengan Galuh (pemimpin sebuah daerah kerajaan Tarumanegara bernama Kawali).

Namun pecahan kerajaan Tarumanegara itu bergabung kembali menjadi kerajaan yang bernama Kerajaan Padjadjaran.

Beberapa peninggalan yang sering menjadi rujukan utama untuk mengkaji kerajaan ini adalah Prasasti Kebon Kopi, Prasasti Tugu, Prasasti Cidanghiyang, Prasasti Ciaruteun, Prasasti Muara Cianten, Prasasti Jambu, dan Prasasti Pasir Awi.

Terdapat juga sumber-sumber berita dari Cina semasa rezim Dinasti Sui, serta naskah tulisan seorang tokoh bernama Wangsakerta.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya 7 prasasti dan beberapa catatan dari luar negeri yang menceritakan Kerajaan Tarumanegara dikutip cagarbudaya.kemdikbud.go.id.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS