facebook

Tips Merawat Mukena Putih Agar Selalu Terlihat Bersih

Vania Rossa
Tips Merawat Mukena Putih Agar Selalu Terlihat Bersih
Ilustrasi perempuan mengenakan mukena saat beribadah. (Shutterstock)

Kotor dan noda akan terlihat lebih jelas pada mukena putih.

Suara.com - Meski tampilan mukena saat ini semakin bervariasi, mukena putih masih jadi andalan para perempuan untuk beribadah sehari-hari. Salah satu alasannya, karena mukena putih diyakini dapat membuat ibadah lebih khusyuk lantaran warnanya yang melambangkan kesucian.

Tapi masalahnya, mukena putih akan terlihat lebih cepat kotor dibanding mukena bermotif atau warna lainnya. Terutama di bagian wajah. Bagaimana menyiasatinya supaya mukena putih tetap bersih?

1. Keringkan wajah sebelum pakai mukena

Tips ini rasanya berlaku untuk semua jenis mukena yang Anda pakai. Gunakan tisu atau handuk untuk memastikan area wajah benar-benar kering ketika Anda memakai mukena, sehingga sisa makeup tak akan menempel di mukena.

Baca Juga: Cuma karena Ini, Wulan Guritno Diprotes Unggah Foto Putrinya Pakai Mukena

2. Rendam mukena dengan air rebusan lemon

Mukena putih yang terlanjur kotor dan sulit dibersihkan dengan air dan sabun cuci biasa, bisa direndam di dalam air rebusan lemon sebelum Anda mencucinya. Biarkan mukena putih terendam selama kurang lebih satu jam, kemudian cuci seperti biasa menggunakan deterjen.

3. Cuci mukena kusam dengan baking soda

Baking soda dapat digunakan untuk membantu mencerahkan mukena putih yang sudah kusam. Caranya, campurkan 250 gram baking soda dengan empat liter air. Lalu rendam mukena selama 5 menit. Jangan lebih dari 5 menit, ya, karena akan merusak serat mukena.

4. Tambahkan cuka ketika mencuci

Baca Juga: Ditanya soal Pajak Bisnis Mukena, Syahrini : Saya Nggak Mau Bahas!

Mukena putih yang telah kusam juga bisa dicerahkan kembali dengan bantuan cuka. Caranya, tuangkan 250 mililiter cuka ke dalam air rendaman yang sudah dicampur deterjen. Rendam mukena selama 10 menit, kemudian bilas hingga bersih.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar