Lebaran di Tengah Pandemi Covid-19, Dengar Apa Kata Mereka?

Ririn Indriani | Dini Afrianti Efendi
Lebaran di Tengah Pandemi Covid-19, Dengar Apa Kata Mereka?
Lebaran di tengah pandemi Covid-19, dengarkan apa kata mereka? (Suara.com/Dini Afrianti Efendi)

Lebaran di rumah aja, beberapa warga yang ditemui Suara.com menceritakan apa saja yang akan dilakukan saat Idulfitri besok, Minggu (24/5/2020).

Suara.com - Lebaran di Tengah Pandemi Covid-19, Dengar Apa Kata Mereka?

Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah yang akan dirayakan Minggu (24/5/2020) berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya,

Bagaimana tidak, Lebaran tahun ini umat Muslim merayakannya di tengah pandemi virus corona atau Covid-19.

Itu artinya yang berlebaran tidak bisa leluasa beraktifitas di luar rumah yang sudah menjadi tradisi atau kebiasaan saat Lebaran, misalnya Solat Idulfitri dan mengunjungi keluarga, saudara, kerabat dan tetangga untuk silaturahmi.

Kondisi tersebut mau tidak mau harus diterima dengan lapang dada demi kebaikan bersama.

Lantas, apa pendapat masyarakat mengenai hal ini? Berikut pendapat beberapa warga Jakarta dan sekitarnya yang berhasil ditemui Suara.com, baru-baru ini.

Ilustrasi perayaan Lebaran bersama keluarga. (shutterstock)
Ilustrasi perayaan Lebaran bersama keluarga. (shutterstock)

"Saya pribadi insya Allah siap, karena pada dasarnya kita semua sudah terbiasa menjalani hari di tengah Covid-19 ini di tengah sudah mulai diberlakukannnya PSBB (pembatasan sosial berskala besar)," ujar Raafi Bimo (25), mahasiswa Universitas Negeri Jakarta.

Kesiapan ini juga menurut sebagian besar orang harus dilihat dari sisi kesehatan, dengan memperkuat sistem imunitas tubuh agar tidak mudah tertular.

Apalagi sedikit banyak Lebaran membuat banyak orang berkeliling menemui sanak keluarga di kota yang sama, meskipun itu tidak dianjurkan.

"Tentu akan buat suasana tentu berbeda, karena mau tidak mau kita harus siap menerima situasi kondisi seperti saat ini," ungkap Iman Firmansyah (30), pekerja swasta di Jakarta.

Selanjutnya di halaman berikutnya: Lebaran di Rumah Aja, Ini Rencana Mereka

Dari Redaksi:
Artikel ini tersaji di microsite khusus Ramadan Suara.com, yang selain memuat beragam konten menarik terkait Ramadhan 1441 H, kali ini juga menghadirkan beberapa fitur spesial. Ada fitur Kalkulator Zakat bagi yang butuh menghitung zakatnya, menu Tadarus lengkap dengan tulisan dan suara untuk yang ingin mengaji atau baca Al Quran online, dan tentu ada Jadwal Imsakiyah untuk yang ingin mengetahui waktu Imsak, berbuka, maupun waktu salat.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS