Aneka Jenis Kudapan Spesial Idulfitri dari Berbagai Daerah di Indonesia

Risna Halidi | Dinda Rachmawati
Aneka Jenis Kudapan Spesial Idulfitri dari Berbagai Daerah di Indonesia
Pekerja menyelesaikan pembuatan Lemang di kawasan Pasar Senen, Jakarta, Jumat (17/5). [Suara.com/Arief Hermawan P]

Apa makanan khas yang harus tersedia di meja makanmu saat Idulfitri tiba?

Suara.com - Aneka Jenis Kudapan Spesial Idulfitri dari Berbagai Daerah di Indonesia

Apa makanan khas yang harus tersedia di meja makanmu saat Idulfitri tiba?

Selain ketupat lengkap dengan sayur dan lauk pauknya, beberapa daerah di Indonesia juga punya kudapan khas yang sering disantap pada suasana spesial, seperti Idulfitri lho.

Berikut kudapan spesial dari beberapa daerah di Indonesia, yang mungkin bisa mengingatkanmu akan kampung halaman masing-masing.

1. Buras, Sulawesi Selatan

Buras (Twitter/Yayan0628)
Buras (Twitter/Yayan0628)

Kuliner khas suku Bugis Sulawesi Selatan ini sepintas mirip dengan ketupat karena komposisinya sama-sama dibuat dari beras. Namun, buras memiliki rasa yang lebih gurih karena penggunaan santan di dalamnya. 

Buras biasa dikonsumsi dengan dicampurkan bersama makanan lain. Mulai dari kari ayam, telur hingga daging. Bahkan ketiga campuran tersebut harus disediakan untuk bersanding dengan Buras ketika hajatan diadakan.

2. Lemang, Sumatera Barat

Pekerja mengikat ujung lemang di Kramat Raya, Senen, Jakarta Pusat, Rabu (6/5).  [Suara.com/Alfian Winanto]
Pekerja mengikat ujung lemang di Kramat Raya, Senen, Jakarta Pusat, Rabu (6/5). [Suara.com/Alfian Winanto]

Masyarakat minang di sumatera barat biasa membuat lemang, penganan dari beras ketan, yang dipanggang dalam buluh bambu. 

Saat Idulfitri hidangan ini selain untuk dikonsumsi sendiri, juga bisa menjadi hantaran ke sanak saudara. Untuk memakannya di Minang sana, lamang ini biasanya disantap bersama tapai, pisang, hingga durian. 

3. Ketupat pulut, Sumatera Utara

Ilustrasi ketupat ketan. (Shutterstock)
Ilustrasi ketupat ketan. (Shutterstock)

Ketupat ketan atau biasa disebut ketupat pulut oleh masyarakat pulau Sumatra Utara terkenal sangat lezat. Rasanya gurih dan pulen karena dimasak dengan santan.

Ketupat ketan sering hadir sebagai hidangan Idulfitri. Ada yang memakannya dengan tape ketan manis atau rendang daging. 

4. Ketupat Colet, Kalimantan Barat

Jika kamu merupakan warga Kabupaten Ketapang pasti tidak asing dengan sajian Ketupat Colet. Berbeda dengan ketupat pada umumnya, ketupat colet direbus dengan santan dan dihidangkan dengan bumbu cocolan rendang daging. 

Daging pada rendang sengaja dipotong kecil-kecil agar mudah dicocol menggunakan tangan. Rasa dari ketupat colet dominan asin dan gurih serta kaya akan rasa rempah-rempah dari bumbu rendangnya.

5. Bontong Buloh, Kalimantan Barat
Bontong Buloh merupakan sajian khas masyarakat Kabupaten Membawah. Sekilas hidangan ini mirip dengan buras yang terbuat dari beras yang direbus terlebih dahulu selama lima jam. 

Beras dimasukkan ke dalam daun pisang, dan diikat dengan tali. Setelah itu dimasukkan ke dalam batang bambu, baru kemudian direbus. Bontong buloh biasa disajikan dengan cocolan sambal kepah.
 

Dari Redaksi:
Artikel ini tersaji di microsite khusus Ramadan Suara.com, yang selain memuat beragam konten menarik terkait Ramadhan 1441 H, kali ini juga menghadirkan beberapa fitur spesial. Ada fitur Kalkulator Zakat bagi yang butuh menghitung zakatnya, menu Tadarus lengkap dengan tulisan dan suara untuk yang ingin mengaji atau baca Al Quran online, dan tentu ada Jadwal Imsakiyah untuk yang ingin mengetahui waktu Imsak, berbuka, maupun waktu salat.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS