Olahraga Siang Hari Bisa Bantu Tidur Lebih Nyenyak Lho!

Risna Halidi | Frieda Isyana Putri
Olahraga Siang Hari Bisa Bantu Tidur Lebih Nyenyak Lho!
Olahraga jogging (Shutterstock)

Pakar menyebut tidur sama pentingnya dengan diet atau pola makan dan olahraga.

Suara.com - Olahraga Siang Hari Bisa Bantu Tidur Lebih Nyenyak Lho!

Sepertiga waktu kita dalam sehari dihabiskan untuk tidur, oleh karena itu tidur memilik dampak yang besar pada kondisi tubuh keseluruhan.

Di tengah pandemi virus corona ini, makin banyak orang yang merasa kesulitan tidur dan kurang tidur yang umumnya disebabkan oleh stres.

"Selama pandemi dan isolasi sosial, masalah ini semakin kentara. Sikus kita, sirkadian dan suhu, terganggu karena kita menghabiskan lebih banyak waktu berada di rumah, bahkan mungkin jadi tak sadar soal waktu," jelas Dr Raul Perez-Vazquez dari Tenet Florida.

Dikutip dari Healthline, para pakar menyebut tidur sama pentingnya dengan diet atau pola makan dan olahraga. Ketiga faktor tersebut saling memengaruhi kondisi tubuh.

Peneliti tidur dan anggota dari Society of Behavioral Sleep Medicine, Christina Pierpaoli mengatakan untuk bisa tidur lebih nyenyak di malam hari, berolahragalah di siang hari.

Christina mengatakan, aktivitas fisik ringan, sedang, maupun berat dalam bentuk latihan kardio seperti berjalan, berenang, dan bahkan bersih-bersih rumah menstimulasi adenosine yang meningkatkan kualitas tidur.

Saat kita berolahraga, suhu tubuh akan meningkat, dan peningkatan ini terus ada selama beberapa jam dan perlahan akan menurun. Saat menurun, bersamaan dengan ritme sirkadian tubuh dapat membantu memunculkan rasa kantuk.

Cara terbaik adalah melakukan 30-45 menit aktivitas aerobik sedang dan lakukan 3-6 jam sebelum waktu tidur. Olahraga sebelum jam tidur tidak disarankan karena justru bisa memicu terjadinya insomnia.

Apa saja olahraga yang baik untuk dilakukan?

Mulai dari berjalan, berlari, hingga latihan intensitas tinggi, olahraga kardio memberikan manfaat untuk tidur lebih nyenyak.

Latihan kekuatan seperti pushup, bicep curls, dan squats menjadi latihan yang mudah dilakukan dan akan menguatkan otot serta membantu tidur menjadi lebih berkualitas dan nyenyak.

Yoga juga bisa bermanfaat apalagi jika Anda sudah mengalami insomnia dan membantu mengembalikan pola tidur yang lebih baik.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS