Penasaran, Kenapa Lelaki Lebih Lama di Toilet saat BAB?

Vania Rossa | Dini Afrianti Efendi
Penasaran, Kenapa Lelaki Lebih Lama di Toilet saat BAB?
Ilustrasi lelaki lebih lama di toilet (Shutterstock)

Ternyata ada alasan di baliknya, lho.

Suara.com - Sadarkah Anda kalau lelaki lebih lama menghabiskan waktu di kamar mandi khususnya saat BAB? Ternyata, ini ada alasannya, lho.

Mengutip Live Science, Sabtu (4/7/2020), sebuah studi pada 2009 yang diterbitkan jurnal Gender Medicine pernah menyelidiki perbedaan gender dalam hal buang air besar.

Peneliti mengamati sembelit, bentuk fases, konstipasi, hingga sejumlah permasalahan lain yang membuat tidak nyaman saat membuang kotoran.

Ternyata peneliti menemukan perempuan justru lebih sering mengalami hal yang abnormal saat buang air besar. Sedangkan lelaki cenderung mengalami sembelit.

Sehingga dengan kata lain, perempuan sering mengalami permasalahan terkait usus dibanding laki-laki. Jadi seharusnya, perempuanlah yang menghabiskan lebih banyak waktu di kamar mandi.

Sebuah studi lain pada 1992 yang diterbitkan dalam jurnal Gut menemukan fakta yang serupa. Sebuah kuesionaer disebar untuk menilai kebiasaan BAB kepada 1.900 lelaki dan perempuan di Inggris.

Dalam studi itu ditemukan juga perempuan lebih mungkin tidak bisa merasakan bagaimana normalnya fungsi usus bekerja, sehingga mengalami berbagai masalah saat di toilet.

Tapi anehnya, memang lelakilah yang lebih sering menghabiskan waktu lebih lama di kamar mandi.

Hal ini terungkap melalui survei yang dilakukan perusahaan peralatan kamar mandi Inggris, yang mendapatkan fakta bahwa lelaki menghabiskan rata-rata 1 jam 35 menit di toilet setiap minggunya, atau artinya berada di kamar mandi hampir selama 14 menit sehari.

Sedangkan perempuan hanya menghabiskan 55 menit dalam seminggu saat di toilet atau hampir 8 menit dalam sehari.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS