Cari Kerja Lewat LinkedIn, Ini 7 Hal yang Harus Kamu Benahi Terlebih Dahulu

Vania Rossa | Dinda Rachmawati
Cari Kerja Lewat LinkedIn, Ini 7 Hal yang Harus Kamu Benahi Terlebih Dahulu
LinkedIn (Shutterstock).

LinkedIn adalah jejaring sosial yang paling banyak digunakan oleh para profesional yang mencari pekerjaan.

Suara.com - LinkedIn adalah jejaring sosial bagi para profesional yang mencari pekerjaan. Menurut Jobvite, 92 persen perekrut menggunakan media sosial untuk mencari pekerjaan saat ini, dan LinkedIn adalah jejaring sosial yang paling banyak mereka gunakan.

Nah, jika Anda termasuk orang yang juga memanfaatkan LinkedIn untuk menemukan pekerjaan, namun belum berhasil sampai saat ini, mungkin Anda perlu memerhatikan beberapa hal sebelum mengunggah resume Anda di sana.

Berikut adalah strategi dan tips bagaimana memanfaatkan LinkedIn yang dapat membuat Anda selangkah lebih dekat dengan pekerjaan atau karier baru, dari Sue Gresham, konsultan LinkedIn yang berbasis di Milwaukee, dilansir AARP.

1. Buat diri Anda berkesan dengan cerita-cerita hebat

Perekrut dan manajer perekrutan sama seperti orang lain, mereka akan merespons daftar fakta yang bercerita dan tidak mematikan pikiran. Ditambah lagi, penelitian menunjukkan bahwa cerita dapat membantu daya ingat.

Jadi, menceritakan satu atau dua cerita yang bagus di profil LinkedIn bisa membuat Anda lebih mudah diingat oleh perekrut.

Contoh: Untuk setiap pekerjaan yang Anda unggah di profil Anda, jangan hanya menyatakan tanggung jawab Anda. Gresham merekomendasikan buat cerita menarik tentang kesuksesan Anda dalam pekerjaan.

Yang paling penting, jelaskan masalahnya dan bagaimana Anda menyelesaikannya, terutama jika Anda menemukan solusi kreatif untuk tantangan-tantangan yang penting.

2. Fokus pada perusahaan mana Anda akan bekerja

Gresham mengatakan, terlalu sering, profil LinkedIn hanya mencerminkan di mana mereka berada. Alih-alih, memfokuskan profil ke tempat yang ingin Anda tuju.

Temukan pekerjaan ideal Anda, lalu bangun profil Anda di sekitar itu. Gresham mengatakan dia pernah mendaftar menjadi konsultan Facebook di antara keahliannya di LinkedIn, tetapi menghapusnya ketika dia memutuskan dia tidak lagi ingin bekerja dengan Facebook.

3. Tetap segar dan baru

"Profil LinkedIn harus menjadi 'dokumen hidup dan bernafas' yang dengan jelas menunjukkan apa yang membuat Anda unik dan layak untuk direkrut," kata Gresham.

Salah satu cara untuk menjaga profil Anda tetap hidup adalah secara teratur berbagi pembaruan tentang topik yang terkait dengan bidang Anda, sama seperti Anda membagikan pembaruan di Facebook.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS