Destinasi Pendaki Pemula, Gunung Penangguhan Dibuka Hari Ini

Silfa Humairah Utami
Destinasi Pendaki Pemula, Gunung Penangguhan Dibuka Hari Ini
Gunung Penangguhan. (Instagram/adenwaluyo27)

Gunung Penanggungan menjadi destinasi pendakian dan wisata sejarah karena menyimpan situs kerajaan Majapahit.

Suara.com - Kabar gembira untuk para pendaki, Pendakian Gunung Penanggungan via Tamiajeng dibuka resmi mulai hari ini, Minggu (5/7/2020).

Diwajibkan mengikuti protokoler kesehatan covid-19, kamu harus membawa masker dan handsanitizer, dan menjalankan ketentuan yang sudah ditetapkan petugas. Penting juga memastikan ketersediaan kuota pendakian sesuai jadwal pendakian yang direncanakan dan jangan memaksakan diri jika kuota sudah penuh.

Kamu juga harus memastikan kembali kondisi tubuh sehat dan bugar saat akan meninggalkan rumah menuju lokasi pendakian gunung.

Jika merasakan kondisi tubuh tidak baik, sehat dan bugar seperti batuk, flu, demam dan lainnya, segera lakukan pemeriksaan pada fasilitas kesehatan (puskesmas dan rumah sakit) dan tetap berada di rumah Lakukan pemeriksaan kesehatan sebelum dan sesudah berkunjung ke daerah yang terkonfirmasi kasus covid-19.

Info pendakian Gunung Penangguhan. (Instagram/mountnesia)
Info pendakian Gunung Penangguhan. (Instagram/mountnesia)

Untuk kamu yang belum pernah mendaki Gunung Penanggungan, gunung ini merupakan gunung berapi (istirahat) berbentuk kerucut yang terletak di Jawa Timur. Lokasinya berada di dua Kabupaten, yaitu Mojokerto dan Pasuruan. Uniknya, Penanggungan menyimpan sejarah panjang kerajaan Majapahit. Terbukti banyak ditemukan situs purbakala berupa candi umat agama Hindu.

Selain sebagai kawasan sejarah dan ziarah, gunung berapi ini juga merupakan destinasi pendakian. Karena puncaknya yang relatif lebih rendah daripada gunung lain di sekitarnya, gunung ini cocok untuk dijadikan sarana "pemanasan" atau sekadar berlibur untuk pendaki pemula. Ada sejumlah jalur pendakian yang umum digunakan.

Gunung Penanggungan bisa jadi tujuan bagi traveler yang menjadi pendaki pemula. Dengan ketinggian 1.653 mdpl, gunung ini layak jadi medan belajar sebelum mendaki puncak lebih tinggi lainnya.

Tak perlu khawatir atau tersesat, sudah banyak rambu atau petunjuk di setiap jalurnya dan tentunya disarankan membawa perbekalan air secukupnya. Meskipun tidak terlalu tinggi, sensasi dan pengalaman yang didapatkan tidak akan terlupakan. Jadi untuk pemula menjadi pilihan pendakian yang cukup aman dan menambah pengalaman.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS