Merawat Kucing Lokal, Simak Kiatnya dari Dokter Hewan

Vania Rossa
Merawat Kucing Lokal, Simak Kiatnya dari Dokter Hewan
Ilustrasi kucing. [Shutterstock]

Asalkan dirawat dengan baik, kucing lokal pun tak kalah menggemaskan dibanding kucing ras.

Suara.com - Kucing merupakan salah satu hewan yang paling banyak dipelihara di rumah. Tak hanya menggemaskan, kucing juga bisa jadi teman sekaligus sahabat yang menemani kegiatan Anda sehari-hari.

Tapi selain harus diberi makan secara teratur, ada hal-hal lain yang harus diperhatikan ketika Anda memutuskan untuk merawat kucing, terutama kucing lokal.

Dokter hewan Ramzi dalam webinar Peduli Kucing Sekitar Kita yang dikutip dari Antara, berbagi kiat merawat kucing lokal. Ini dia.

1. Perhatikan kondisi kesehatan kucing

Kucing lokal juga harus mendapat perawatan kesehatan yang layak, sama seperti kucing ras. Dokter Ramzi mengingatkan pentingnya memberikan vaksinasi lengkap, rutin, dan berkelanjutan untuk kucing. Selain itu, berikan obat cacing secara berkala, minimal tiga bulan sekali.

"Manifestasi cacing pada kucing lokal sangat tinggi karena kebiasaan buruk seperti makan sembarangan," kata Ramzi menjelaskan.

Cacingan pada kucing bisa menular kepada kucing lain, bahkan bisa juga kepada manusia.

Selain itu, berikan vitamin secara berkala karena hewan pun perlu zat tambahan selain dari pakan yang diberikan. Tak semua kucing lokal punya daya tahan tubuh yang tinggi, sehingga pemberian vitamin bisa membuat mereka lebih sehat.

2. Pastikan lingkungan selalu bersih

Kucing sesungguhnya merupakan hewan yang resik, sehingga ia akan mudah stres dan tertular penyakit bila berada di lingkungan kotor. Oleh karena itu, jangan lupa bersihkan kandangnya setiap hari agar kucing betah beristirahat di situ.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS