6 Tips Memilih Semangka yang Manis

Vania Rossa
6 Tips Memilih Semangka yang Manis
Ilustrasi memilih semangka. (Pixabay/LoggaWiggler)

Jangan lagi tertipu membeli semangka yang tidak manis.

Suara.com - Buah semangka identik dengan berwarna merah cerah, berair, dan berasa manis. Tapi masalahnya, agak sedikit tricky memilih semangka yang manis dan berair banyak.

Semangka yang matang menyediakan sumber antioksidan alami, termasuk likopen, yang dikaitkan dengan beberapa manfaat kesehatan, seperti perlindungan terhadap penyakit jantung, diabetes, dan beberapa jenis kanker tertentu.

Nah, buat Anda yang ingin beli semangka, jangan sampai salah pilih ya. Simak 6 tips memilih semangka yang manis, seperti dilansir dari Healthline.

1. Bentuknya simetris

Ada berbagai bentuk semangka, mulai dari oval sampai bulat. Konon, semangka dengan bentuk bulat cenderung lebih manis dibandingkan semangka berbentuk lonjong.

Tapi, bentuk apapun yang Anda pilih, pilih yang bentuknya tegas dan simetris. Hindari semangka yang memiliki benjolan, penyok, atau luka yang tidak teratur.

Penyimpangan dapat mengindikasikan bahwa semangka tersebut kurang mengandung air. Di sisi lain, luka atau penyok mungkin menunjukkan keberadaan serangga atau jamur.

2. Buah semangka terasa berat

Semangka yang manis dan matang harus terasa berat saat diangkat. Ini artinya, semangka tersebut mengandung air yang banyak dan karenanya lebih segar.

Kandungan air yang tinggi sangat menentukan kualitas buah-buahan, termasuk semangka.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS