Drama Musikal Rara J, Adaptasi Roro Jonggrang di Zaman Kekinian

Vania Rossa | Dini Afrianti Efendi
Drama Musikal Rara J, Adaptasi Roro Jonggrang di Zaman Kekinian
Daniel Ongko dan Neala Vangelin, pemeran Bandung dan Rara di Drama Musikal Rara J. (YouTube)

Nonton drama musikal di rumah lewat gadget, sama serunya seperti menonton pertunjukan teater langsung di panggung.

Suara.com - Siapa tak kenal Roro Jonggrang? Kisahnya dibagikan turun temurun dan dari mulut ke mulut tentang permintaan 'tak masuk akal' seorang perempuan kepada lelaki yang ingin melamarnya. Kini, adaptasi Roro Jonggrang dituangkan ke dalam drama musikal Rara J yang bisa ditonton secara online.

Inilah satu lagi bukti bahwa pandemi bukan jadi alasan untuk berhenti berkarya. Drama musikal Rara J ini berhasil memukau penonton meski mereka menyaksikannya lewat gadget.

Drama musikal Rara J merupakan salah satu drama persembahan BOOW LIVE X Indonesiakaya[dot]com. Drama ini diadaptasi dari kisah Roro Jonggrang, tapi menampilkan cerita dan masalah yang relevan saat ini.

"#MusikalDiRumahAja episode Rara J yang tidak hanya mengangkat cerita rakyat Rara Jonggrang, namun juga mengadaptasinya ke zaman kekinian sehingga lebih dekat dengan kehidupan generasi muda saat ini," ujar Renitasari Adrian, Program Director Indonesiakaya[dot]com.

Jika dalam cerita asli Roro Jonggrang seorang putri meminta lelaki yang hendak meminangnya untuk membuat seribu candi dalam semalam, drama musikal Rara J bercerita tentang Rara sebagai vlogger ternama, meminta Bandung yang ingin menjadikannya pacar, untuk mendapatkan 1000 viewers saat live.

"Adaptasi tokoh-tokoh kekinian lainnya menjadikan episode ini sangat menghibur namun tetap memuat pesan moral bagi para penikmat seni,” ungkap Renitasari.

Pertunjukannya tidak membuat bosan penonton tetap bisa merasakan emosi pemain, tapi juga enak di tonton dalam layar kaca, selayaknya kita menontom film tapi bernuansa teater. Ini tidak lepas dari keterlibatan sutradara teater dan juga sutradara film yang terlibat di dalamnya.

Drama musikal ini diramaikan oleh para pemain seperti Daniel Ongko sebagai Bandung, Neala Vangelin sebagai Rara J, Damien Errol Jonathans sebagai Workout Influencer, Aldafi Adnan sebagai Mukbang Influencer, Zaya Fadhillah sebagai Kpop Influencer, Tina Simanjuntak sebagai Mama Rara.

Drama ini diproduseri oleh Bayu Pontiagust dan disutradarai oleh sutradara teater Chriskevin Adefrid dan Venytha Yoshiantini yang sekaligus koreografer dan manajer panggung. Sutradara teater ini juga berkolaborasi dengan sutradara film Naya Anindita, asisten sutradara Habibie Alkateer.

Kisah Rara J bukan satu-satunya pertunjukan drama musikal di rumah aja Indonesia Kaya. Masih ada 5 drama musikal lain yang akan tampil ke publik sesuai jadwalnya. Semua drama musikal ini akan ditangani oleh 6 sutradara teater, 6 sutradara film, 6 sinematografer, 7 penata musik, serta 44 aktor, aktris dan penari Indonesia.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS