7 Agustus Sebagai Hari Hutan Indonesia, Ini Fakta Penting Tentang Hutan!

Risna Halidi | Dinda Rachmawati
7 Agustus Sebagai Hari Hutan Indonesia, Ini Fakta Penting Tentang Hutan!
Ilustrasi pohon. [Shutterstock/mariakraynova]

Untuk merayakan Hari Hutan Indonesia, berikut adalah fakta mengenai hutan yang bisa kamu ketahui!

Suara.com - Hari Hutan Indonesia diperingati pada 7 Agustus setiap tahunnya. Seperti yang kita semua ketahui, hutan lebih dari sekadar kumpulan pepohonan.

Hutan merupakan fondasi kehidupan makhluk hidup dengan beragam manfaat yang sangat penting, yang bersangkutan dengan enam pilar, yakni udara bersih, air, keanekaragaman hayati, dampak sosial, kesehatan, dan iklim.

Untuk merayakan Hari Hutan Indonesia, berikut adalah fakta mengenai hutan yang bisa kamu ketahui, agar secara sadar bisa menjaganya dengan lebih baik, seperti dilansir dari One Tree Planted.

1. Menyimpan sejumlah obat-obatan penting

Obat-obatan herbal. [shutterstock]
Obat-obatan herbal. [shutterstock]

Meskipun berjalan-jalan di hutan dapat bermanfaat bagi kesehatanmu sendiri, hutan juga bertanggung jawab atas banyak obat yang kita minum untuk menyembuhkan suatu penyakit.

Sekitar 25 persen obat-obatan berasal dari tanaman yang ditemukan di hutan hujan, dan sebagian besar belum dieksplorasi (hanya 1 persen dari potensi pengobatan dari tanaman hutan hujan yang telah diteliti).  

Namun, penggundulan hutan mengancam terobosan pengobatan medis besar berikutnya. Melindungi hutan, sama dengan menyelamatkan banyak nyawa dari penyakit yang masih harus disembuhkan!

2. Mengurangi peluang bencana alam
Banjir dan tanah longsor merupakan fenomena yang sering terjadi di banyak wilayah di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Kerusakan yang diakibatkannya dapat membuat banyak keluarga tidak memiliki rumah, pertanian, atau mata pencaharian, dan seringkali menyebabkan kematian.

Pohon dan hutan adalah pertahanan terbaik kita melawan bencana alam tersebut. Hutan membantu membatasi banjir dengan membendung jumlah air yang mengalir ke hilir, dan sistem akarnya yang rumit menahan tanah di tempatnya, mengurangi kemungkinan longsor.

3. Menyimpan makanan bergizi

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS