Road To Jakarta Fashion Week Digelar Virtual, Pandemi Corona Jadi Inspirasi

Risna Halidi | Lilis Varwati
Road To Jakarta Fashion Week Digelar Virtual, Pandemi Corona Jadi Inspirasi
Road to Jakarta Fashion Week 2021 (Screengab/Lilis)

Jakarta Fashion Week (JFW) akan tetap menggelar agenda road to JFW 2021 bertajuk Revival Fashion Festival secara virtual.

Suara.com - Jakarta Fashion Week (JFW) akan tetap menggelar agenda road to JFW 2021 bertajuk Revival Fashion Festival yang laksanakan secara virtual mulai Jumat, 7 hingga 9 Agustus 2020 ini.

Direktur Jakarta Fashion Week Lenni Tedja menyampaikan, koleksi pakaian yang dipamerkan merupakan karya dari desainer dan label Indonesia Fashion Forward yang juga alumni lomba Perancang Mode dan lomba Perancang Mode Menswear.

Lenni mengatakan, perhelatan fesyen show ini akan terasa berbeda dan lebih menantang dari tahun-tahun sebelumnya. 

"Memang agak berbeda dengan show fisik. Jadi yang mau disenangkan ini kan audience yang ada di rumah. Caranya pun berbeda. Suatu tantangan untuk JFW dan kita bersemangat ini sebagai agenda pertama," kata Lenni dalam konferensi pers virtual, Jumat (7/8/2020). 

Para perancang busana yang berpartisipasi diberi waktu selama dua minggu untuk menyiapkan karya terbaiknya. Bahkan beberapa di antara mereka memanfaatkan situasi wabah virus corona Covid-19 sebagai inspirasi dalam desainnya. 

Seperti yang dilakukan desainer Bima Wijaksana, pendiri dari jenama fesyen Studio 1319.

Pemenang lomba Perancang Mode Menswear itu mengangkat teman Sombar yang menceritakan keadaan saat ini di mana banyak korban meninggal akibat wabah virus corona Covid-19.

"Studio 1319 ikut bersimpati dengan koleksi menggambarkan warna hitam dengan potongan lebih mudah dipakai. Karena kebutuhan kita tidak padat seperti sebelum ada pandemi. Jadi pakaian yang mudah dipakai, ringan, dan nyaman. Itu yang dibutuhkan saat ini," kata Bima dalam acara yang sama.

Tak jauh berbeda dengan Bima, desainer Frederika Sintia juga terinspirasi situasi pandemi covid-19 dam menuangkan inspirasi tersebut dalam karyanya. Hadir dengan label Eureka, Frederika mengusung tema rintik yang diambil dari kata rintik hujan. 

"Jadi seringkali setiap hari kita konsumsi yang sama tentang Covid-19 membuat kita agak sedikit stres. Dari Eureka mengingatkan kurang lebih, mindfull dalam menyikapi informasi. Lebih baik melihat yang positif, bersyukur. Kita masih bisa berkumpul lengkap dengan keluarga," ujarnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS