Pandemi Berakhir, Ini 5 Destinasi Wisata di Bali yang Bisa Kalian Kunjungi

Fabiola Febrinastri | Dian Kusumo Hapsari
Pandemi Berakhir, Ini 5 Destinasi Wisata di Bali yang Bisa Kalian Kunjungi
Ubud, Bali. (Dok : Kasakphoto Shutterstock).

Bila kamu belum familiar dengan konsep ini, artikel ini dapat menjadi alternatif rujukanmu untuk merencanakan liburanmu selanjutnya.

Suara.com - Apakah kamu sudah familiar dengan konsep pariwisata berkelanjutan? Pariwisata berkelanjutan sendiri sebenarnya adalah salah satu konsep pariwisata yang mulai diadaptasi oleh Indonesia sejak beberapa tahun belakangan. Bila kamu belum familiar dengan konsep ini, artikel ini dapat menjadi alternatif rujukanmu untuk merencanakan liburanmu selanjutnya.

Untuk kamu yang sedang merencakan liburanmu di Bali setelah pandemi, kamu bisa menemukan banyak sekali destinasi wisata #DiIndonesiaAja yang telah memenangkan penghargaan dengan konsep pariwisata berkelanjutannya lho. Apa saja destinasi tersebut? Berikut ini ringkasan dari destinasi-destinasi pariwisata pemenang penghargaan pariwisata berkelanjutan Indonesia yang dikenal dengan ISTA atau Indonesia Sustainable Tourism Award dari Kemenparekraf.

1.Desa Wisata Pemuteran

Pemuteran. (Dok : Shutterstock).
Pemuteran. (Dok : Shutterstock).

Membutuhkan wisata Bali yang berbeda? Coba kunjungi desa wisata Pemuteran yang terletak di pesisir barat pulau Bali. Di destinasi ini, kamu dapat menikmati serunya pengalaman wisata bahari dan berkontribusi langsung untuk keindahan ekosistem lautnya bersama warga sekitar. Dengan menyelam ke dalam bawah laut Pemuteran, kamu bisa mempelajari cara revitalisasi terumbu karang melalui metode biorock yang telah sukses menjaga keindahan kawasan bawah laut Pemuteran. Bila kamu berkunjung pada waktu yang tepat, kamu bahkan dapat mengikuti kegiatan pelepasan bayi-bayi penyu ke habitat aslinya lho. Jadi, destinasi ini harus masuk ke wishlist wisata Bali kamu setelah pandemi.

Baca Juga: Whisnutama Akan Rombak Anggaran Kemenpar untuk Lawan Corona

2.Nusa Dua

Tertarik untuk belajar sambil berwisata? Coba kunjungi daerah Nusa Dua dan sempatkan untuk mampir ke Nusa Dua Lagoon. Di lokasi ini yang merupakan bagian dari Nusa Dua merupakan kawasan pariwisata bertaraf internasional, kamu dapat mempelajari metode pengelolaan sampah yang ada dengan menggunakan mekanisme pemisahan sampah padat dan sampah cair.

Yang unik dari metode pengolahan sampah di lokasi ini adalah pemanfaatannya untuk kebutuhan masyarakat sekitar. Selain bermanfaat bagi masyarakat sekitar, pengelolaan inipun bertujuan untuk menjaga kebersihan pantai dan melestarikan ekosistem hutan bakau yang ada di daerah sekitar Nusa dua. Setelah kamu mempelajarinya, jangan lupa kunjungi spot Water Blow untuk mengabadikan momen seru nan unik menunggu datangnya deburan ombak ke tebing-tebing batu.

3.Ulun Danu Beratan

Ulun Daun Berantan. (Dok : Shutterstock).
Ulun Daun Berantan. (Dok : Shutterstock).

Di Ulun Danu Beratan, kamu menenangkan diri sejenak dari riuh dan ramainya pulau Bali sembari mempelajari bagaimana masyarakat sekitar menjaga hubungannya dengan Tuhan. Selain berjalan-jalan dan menikmati pemandangan di sekitar pura, kamu juga bisa menyaksikan upacara adat yang unik seperti Upacara Melasti apabila kamu datang pada waktu-waktu tertentu.

Baca Juga: Kemenpar Kembangkan Desa Wisata, Ini 5 Desa yang Patut Dikunjungi

Meski demikian, bila kamu datang pada waktu upacara adat dilakukan, maka kamu akan menemukan destinasi ini dipadati oleh banyak wisatawan. Jangan lupa lakukan riset dan jaga kebersihan sebelum kamu mengunjungi destinasi ini setelah pandemi berakhir ya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS