Whisnutama Akan Rombak Anggaran Kemenpar untuk Lawan Corona

Pebriansyah Ariefana | Mohammad Fadil Djailani
Whisnutama Akan Rombak Anggaran Kemenpar untuk Lawan Corona
Gading Marten dan Lukman Sardi berbincang dengan Menteri Wishnutama di acara gala premier film Temen Kondangan. [dokumentasi pribadi]

Demi menyelamatkan sektor pariwisata nasional.

Suara.com - Menteri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio siap melakukan perombakan anggaran dasar kementeriannya. Hal ini dilakukan guna melawan virus corona atau Covid-19 demi menyelamatkan sektor pariwisata nasional.

Tak hanya itu kata dia ada juga berbagai langkah yang akan diambil oleh Kemenparekraf untuk bisa mereduksi dampak negatif virus corona. Di antaranya adalah mempersiapkan kerjasama dengan jaringan hotel untuk menjadi sarana tempat tinggal para tenaga medis dan gugus tugas diberbagai daerah.

Ini dilakukan agar mereka lebih dekat dengan rumah sakit yang menangani wabah.

"Dapat kami sampaikan sejalan dengan Inpres Nomor 4 Tahun 2020 yang dikeluarkan oleh Presiden, refokusing kegiatan, realokasi anggran, serta pengadaan barang dan jasa dalam percepatan penanganan covid 19, Kemenparekraf sedang merelokasi berbagai anggaran untuk penanganan Covid-19 ini," kata Whisnutama dalam video teleconference di Jakarta, Senin (23/3/2020).

"Dan jika diperlikan nantinya bisa dijadikan lokasi isolasi mandiri. Kemarin saya khusus sudah berbicara dengan kepala bnpb untuk berkoordinasi dengan hal penangana wabah," lanjutnya

Kemenparekraf juga sedang melakukan koordinasi dengan penyedia transportasi untuk menyediakan alat transportasi untuk para petugas medis dan gugus tugas.

"Pemerintah juga akan berupaya mengusulkan berbagai stimulus ekonomi agar dapat meringankan beban dan biaya untuk para pelaku usaha pariwisata dan ekraf," katanya.

"Sehingga dapat mengurangi potensi phk di sektor tersebut, presiden dan pemerintah menaruh perhatian yang sangat besar dan tinggi sebagai salah satu lini sektor perekonomian nasional," pungkasnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS