Jangan Dikonsumsi, Ini 4 Asupan yang Malah Tambah Bikin Haus Saat Diminum

Bimo Aria Fundrika

Senin, 05 Oktober 2020 | 18:50 WIB
Jangan Dikonsumsi, Ini 4 Asupan yang Malah Tambah Bikin Haus Saat Diminum
Manfat teh hijau ( Shutterstock )

Suara.com - Pernahkah kamu merasak dehidrasi dan mulut kering setelah makan makanan tertentu? Ya, ada makanan tertentu yang membuat seorang makin dehidrasi.

Tak hanya makanan, ada beberapa minuman yang biasa dikonsumsi bisa membuat Anda merasa dehidrasi. Tapi, kenapa ini bisa terjadi?

“Itu semua tergantung kandungan garam makanannya. Kandungan garam yang tinggi menyebabkan dehidrasi. Itulah mengapa saat orang makan makanan seperti kentang goreng, mereka cenderung merasa sangat dehidrasi," ujar ahli gizi klinis, Lovneet Batra, dikutip dari Health Shots.

Pada dasarnya, mengonsumsi garam lebih banyak dari yang dibutuhkan tubuh menyebabkan keseimbangan komponen elektrolit lain seperti kalium dan magnesium terganggu.

Berikut 6 hal yang biasa dikonsumsi oleh sebagian besar dari kita tetapi sebenarnya sangat membuat dehidrasi:

1. Kopi

Ilustrasi Kopi (Unsplash @nate_dumlao)
Ilustrasi Kopi (Unsplash @nate_dumlao)

Sudah menjadi rahasia umum bahwa kopi bisa sangat membuat dehidrasi. Kopi bersifat diuretik dan apa pun di atas dua cangkir dapat menghambat reabsorpsi natrium dalam tubuh Anda. Ini menyebabkan dehidrasi parah. Makanya, Anda perlu mengatur asupannya.

2. Teh hijau

“Itu semua tergantung dari jumlah teh hijau yang dikonsumsi dan kandungan kafeinnya. Jika Anda meminum satu teko penuh teh hijau, itu tidak akan diserap dengan baik oleh tubuh Anda. Ini akan menyebabkan Anda mengosongkan kandung kemih lebih sering, menyebabkan dehidrasi. Artinya, tubuh membutuhkan lebih banyak waktu untuk mengolah apa yang dikonsumsi, ”jelas Batra.

baca juga

3. Bit
Ini mungkin terlihat sebagai kejutan, tetapi itu benar. Namun, trik untuk meraup manfaat tanpa harus mengalami dehidrasi adalah mengonsumsinya dalam jumlah yang tepat. Bit mengandung kalium tinggi yang dikenal membantu pelepasan cairan dari tubuh kita.

4. Air kelapa

Ilustrasi Air Kelapa. (Shutterstock)

Ini mungkin akan sangat bertentangan dengan apa yang pernah didengar. Tapi,  sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal International Journal of Sports Nutrition and Exercise Metabolism menunjukkan bahwa jika Anda mengonsumsi lebih banyak air kelapa daripada air biasa, Anda melakukan semuanya dengan salah.

Menurut penelitian, air biasa merupakan zat penghidrasi yang lebih baik daripada air kelapa.

Cari Tahu

Kumpulan Kuis Menarik

KUIS: Seberapa Leo Sih Kamu? Mengukur Tingkat Percaya Diri dan Karisma
Ikuti Kuisnya ➔
Kalkulator Weton Online, Cek Hari Lahir Menurut Penanggalan Jawa
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Kacamata Apa yang Paling Cocok dengan Gayamu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Sepatu Mana yang Cocok dengan Kepribadianmu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan Si Zodiak Cancer?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Karakter Apakah Kamu Saat Mati Listrik Melanda?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan MPR RI?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Work-Life Balance Mana yang Paling Kamu Banget?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Siapa Kamu di Kru Bajak Laut Topi Jerami?
Ikuti Kuisnya ➔
Kuis Ujian Kepekaan: Apakah Anda Individu yang Empati atau Justru Cuek?
Ikuti Kuisnya ➔
Simulasi TKA SD: 15 Soal Matematika Kelas 6 Materi Bilangan
Ikuti Kuisnya ➔

Komentar

Terkait

Kopi Kekinian Tinggi Gula, Ini Caranya Agar Jadi Lebih Sehat

Kopi Kekinian Tinggi Gula, Ini Caranya Agar Jadi Lebih Sehat

Health | Senin, 05 Oktober 2020 | 11:17 WIB

Berbeda dengan Kulit Kering, Ini Cara Tepat Perawatan Kulit Dehidrasi

Berbeda dengan Kulit Kering, Ini Cara Tepat Perawatan Kulit Dehidrasi

Lifestyle | Senin, 05 Oktober 2020 | 06:20 WIB

Hobi Minum Kopi sebelum Sarapan? Awas Diabetes Mengancam!

Hobi Minum Kopi sebelum Sarapan? Awas Diabetes Mengancam!

Health | Senin, 05 Oktober 2020 | 07:35 WIB

Terkini

3 Contoh Teks Sambutan Ketua RT untuk Malam Tirakatan 17 Agustus 2026, Singkat dan Berkesan!

3 Contoh Teks Sambutan Ketua RT untuk Malam Tirakatan 17 Agustus 2026, Singkat dan Berkesan!

Lifestyle | Minggu, 16 Agustus 2026 | 12:15 WIB

UMKM Perempuan Aceh untuk Naik Kelas Berkat Sinergi PNM dan OJK

UMKM Perempuan Aceh untuk Naik Kelas Berkat Sinergi PNM dan OJK

Bisnis | Minggu, 16 Agustus 2026 | 12:07 WIB

Bareskrim ke Nagoya Food Court Batam, Gerebek Diduga Sarang Perjudian

Bareskrim ke Nagoya Food Court Batam, Gerebek Diduga Sarang Perjudian

Batam | Minggu, 16 Agustus 2026 | 12:01 WIB

Kidung Para Pencari: Menemukan Makna di Tengah Riuh Kehidupan

Kidung Para Pencari: Menemukan Makna di Tengah Riuh Kehidupan

Your Say | Minggu, 16 Agustus 2026 | 12:00 WIB

Ketika Kereta Api Melintas di Pulau Sulawesi, Jauh Sebelum Indonesia Merdeka

Ketika Kereta Api Melintas di Pulau Sulawesi, Jauh Sebelum Indonesia Merdeka

Sulsel | Minggu, 16 Agustus 2026 | 11:54 WIB

Upacara Bendera Sila Ke Berapa? Ini Makna dan Penerapan Nilai Pancasila Sehari-hari

Upacara Bendera Sila Ke Berapa? Ini Makna dan Penerapan Nilai Pancasila Sehari-hari

Lifestyle | Minggu, 16 Agustus 2026 | 11:33 WIB

OK! Madam: Bon Voyage, Aksi Seru Mantan Agen Rahasia Menyelamatkan Kapal!

OK! Madam: Bon Voyage, Aksi Seru Mantan Agen Rahasia Menyelamatkan Kapal!

Your Say | Minggu, 16 Agustus 2026 | 11:30 WIB

CIMB Niaga Catat Kredit Tumbuh 6,6% Jadi Rp247,2 Triliun di Semester I 2026

CIMB Niaga Catat Kredit Tumbuh 6,6% Jadi Rp247,2 Triliun di Semester I 2026

Bisnis | Minggu, 16 Agustus 2026 | 11:30 WIB

Ortuseight Playday Hadir di 6 Kota, Dorong Pembinaan Futsal Pelajar

Ortuseight Playday Hadir di 6 Kota, Dorong Pembinaan Futsal Pelajar

Lifestyle | Minggu, 16 Agustus 2026 | 11:22 WIB

Kuliner Wisata Kemiren Meluapkan Limbah Sapi Biogas Desa

Kuliner Wisata Kemiren Meluapkan Limbah Sapi Biogas Desa

Your Say | Minggu, 16 Agustus 2026 | 11:20 WIB

×