Sebentar Lagi Libur Panjang, Ini Tips Jalan-jalan di Tengah Pagebluk Corona

Risna Halidi | Luthfi Khairul Fikri
Sebentar Lagi Libur Panjang, Ini Tips Jalan-jalan di Tengah Pagebluk Corona
Ilustrasi (unsplash)

Berikut ini Suara.com rangkum tips berwisata di tengah pandemi Covid-19 seperti yang dipaparkan Dokter Spesialis Penyakit Dalam, dr. Jeffri Aloys Gunawan, Sp.PD.

Suara.com - Liburan terdengar sangat menyenangkan. Tapi di tengah pandemi Covid-19 seperti sekarang, banyak hal yang  perlu diperhatikan agar tidak terinfeksi virus corona jenis baru tersebut.

Kalau tidak begitu, rencana yang tadinya ingin bersenang-senang malah bisa berujung pada kesengsaraan dan menjadi sebuah mimpi buruk untuk wisatawan

Demi mencegah terinfeksi Covid-19, tentu ada hal yang mesti dipersiapkan. Karena dengan melakukan berbagai persiapan, Anda bisa terhindar dari Covid-19. Selain itu, jangan lupa untuk menerapkan protokol kesehatan selama bepergian.

Berikut ini Suara.com rangkum tips berwisata di tengah pandemi Covid-19 seperti yang dipaparkan Dokter Spesialis Penyakit Dalam, dr. Jeffri Aloys Gunawan, Sp.PD dalam siaran langsung di youtube Prosehat beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Pemkot Tak Larang Wisatawan Berlibur ke Bogor Long Weekend Nanti

Menggunakan Kendaraan Pribadi
Liburan akan terasa lebih nyaman jika menggunakan kendaraan pribadi. Hal ini dilakukan untuk mengurangi kontak fisik atau menjaga jarak dengan orang lain. Meski demikian, tetap harus memerhatikan protokol kesehatan seperti menggunakan masker dan menjaga jarak antar penumpang mobil.

Membawa Perlengkapan Protokol Kesehatan
Wisatawan sangat disarankan untuk tetap mentaati protokol kesehatan yang berlaku seperti menggunakan masker (juga face shield) serta selalu membawa hand sanitizer atau sabun untuk mencuci tangan agar tetap bersih dan higenis.

Lakukan Vaksinasi Sebelum Bepergian
Vaksin sendiri merupakan bahan antigenik yang digunakan untuk menghasilkan kekebalan aktif terhadap suatu penyakit yang disebabkan oleh bakteri atau virus, sehingga dapat mencegah atau mengurangi pengaruh infeksi tersebut. Perlu diketahui juga, berhubung vaksin Covid-19 masih dalam masa pengembangan, maka wisatawan diimbau untuk melakukan vaksin influenza sebelum bepergian.

Membeli Tiket Secara Online
Di masa pandemi seperti sekarang, kita diimbau untuk mengurangi kontak fisik dan tatap muka seminimalisir mungkin. Berwisata tetap bisa dilakukan, tetapi disarankan untuk membeli tiket masuk ke tempat wisata secara online.

Memetakan Lokasi yang Dituju
Petakan lokasi yang dikunjungi untuk liburan di masa pandemi Covid-19. Hindari juga ruangan tertutup dan minim matahari yang bisa berpotensi menjadi lokasi penularan. Petakan lokasi daerah yang masih terindikasi zona merah dengan bisa mencari informasi berita yang valid.

Baca Juga: Sambut Wisatawan Jelang Libur Panjang, Bima Arya Larang Pejabatnya Liburan

Menggunakan Transaksi Non-Tunai
Alat pembayaran tunai kini sudah banyak digantikan dengan pembayaran non-tunai. Program ini bisa membatasi kontak fisik saat bepergian terlebih saat berwisata untuk menghindari risiko tertular.

Komentar