Wajib Tahu, Ini Cara Mudah Bersihkan Tempat Alat Makan dan Minum Anak

Bimo Aria Fundrika | Luthfi Khairul Fikri
Wajib Tahu, Ini Cara Mudah Bersihkan Tempat Alat Makan dan Minum Anak
Ilustrasi mencuci piring usai makan. (Shutterstock)

Karena peralatan anak yang tidak dicuci dengan baik dan benar, akan meninggalkan sisa noda yang rentan menjadi sarang bakter

Suara.com - Setiap orangtua menginginkan anaknya sehat dan terhindar dari bakteri yang masuk ke dalam tubuhnya. Salah satunya, yang perlu dilakukan orangtua dengan memperhatikan alat makan dan minumnya yang digunakan.

Karena peralatan anak yang tidak dicuci dengan baik dan benar, akan meninggalkan sisa noda yang rentan menjadi sarang bakteri. Dampaknya, saat ingin digunakan peralatan itu lagi, kuman lebih mudah masuk ke tubuh anak.

Public Relations Manager LocknLock Indonesia, Artini Asputri mengatakan kebersihan tempat makan dan minuman anak biasanya orangtua banyak yang menyepelekan, padahal ini sangat berbahaya untuk kesehatan anak.

“Masih banyak orangtua yang belum bisa membedakan cara dalam membersihkan tempat makan dan minum yang berbahan plastik dan kaca miliki anak,” ujar Artini dalam pernyataannya secara virtual, Selasa (27/10/2020).

Baca Juga: Enaknya Bikin Merem Melek, Menu Ikan ala Bali Kini ada di Yogyakarta

Menurutnya, orangtua perlu memastikan selalu menggunakan air yang bersih untuk mencuci semua peralatan makan dan minum anak, karena masih banyak orangtua yang menggunakan air tidak higienis.

Tempat makan dan minum anak. (Dok: Instagram/locknlockindonesia)
Tempat makan dan minum anak. (Dok: Instagram/locknlockindonesia)

“Biasakan untuk selalu mencuci tangan hingga bersih sebelum mencuci alat makan dan minum anak, dan gunakan sabun yang diformulasikan dengan bahan-bahan alami, lalu pencucian tidak boleh menggunakan alat pencuci yang kasar tapi harus menggunakan yang halus. Karena perawatan itu bisa mempengaruhi tempat makan dan minum tersebut,” jelas dia.

Kemudian, untuk menghilangkan bau di tempat makan atau minum anak maka harus dicuci bersih dan menggunakan baking soda dan diamkan satu hari sampai baunya hilang, selain itu bisa menggunakan dengan air garam dan dimasukin air panas, jika masih bau maka terus ulangi.

“Jika ingin menggunakan peralatan dengan bahan plastik, pastikan yang dibeli merupakan produk food grade. Pilih produk dengan bahan plastik polikarbonat yang tidak pecah atau memuai ketika direbus dan warnanya tetap jernih,” kata Artini.

Sementara, untuk peralatan berbahan kaca perlu orangtua lakukan tempat makan dan minum itu direbus dalam air mendidih selama beberapa menit. Tutup panci dan biarkan air dingin. Keringkan dan simpan di tempat yang bersih dan jauh dari debu setelah itu gunakan tisu untuk mengeringkannya.

Baca Juga: Halte Kasongan Jadi Tempat Makan Lesehan, Dishub Bantul Mengaku Kecolongan

“Tetapi meski sudah melakukan sterilisasi tersebut, maka orangtua juga masih perlu perhatikan dengan cara melakukan pembersihan peralatan menggunakan air panas sebelum digunakan oleh anak,” tuturnya.

Komentar