alexametrics

6 Aturan Pakai dan Cara Buang Kondom

Rifan Aditya
6 Aturan Pakai dan Cara Buang Kondom
Ilustrasi lelaki dan pasangan pakai kondom (Shutterstock)

Berikut ini aturan pakai dan cara buang kondom yang dianjurkan.

Suara.com - Aturan pakai dan cara buang kondom wajib diketahui pasangan suami-istri (pasutri). Pasalnya, walaupun terbuat dari zat alami, produk kondom juga mengandung bahan tambahan lain. Maka dari itu aturan pakai kondom perlu diperhatikan.

Kondom merupakan alat kontrasepsi yang terbuat dari lateks pohon karet. Namun, dalam proses produksinya, produk kondom ini mendapatkan tambahan bahan pengawet dan zat khusus untuk pengerasan.

Untuk itu, pasutri harus berhati-hati saat menggunakan maupun membuang alat kontrasepsi ini demi menghindari hal-hal yang tidak diharapkan. Berikut ini aturan pakai dan cara buang kondom yang dianjurkan.

Aturan Pakai Kondom

Baca Juga: Puluhan Kondom Berserak di Jalan Usai Hujan, Punya Siapa?

  1. Pilihlah ukuran kondom yang tepat untuk menghindari kelonggaran maupun kesempitan saat digunakan.
  2. Periksa tanggal kadaluarsa yang tertera pada kemasan kondom sebelum menggunakannya. Selain itu, pastikan kondom tersebut sudah terdaftar di Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM).
  3. Pastikan kondom yang akan digunakan tidak dalam keadaan rusak. Untuk mencegah kondom rusak, jangan simpan kondom di dalam dompet agar terhindar dari tekanan, gesekan, serta suhu yang panas. Sebaliknya, simpan kondom di tempat yang kering dan teduh.
  4. Segera perbaiki jika kondom menggulung kembali ke arah kepala penis saat berhubungan intim. Jika benar-benar terlepas dari penis, jangan masukkan kembali. Sebaliknya, gunakan kondom baru.
  5. Hindari menggunakan pelumas berbahan dasar minyak seperti body lotion dan baby oil karena dapat menyebabkan kondom mudah sobek. Jika ingin menggunakan pelumas, gunakan yang berbahan dasar air.
  6. Jangan memakai kembali kondom yang sudah digunakan. Segera buang kondom bekas pakai dan gunakan kondom yang baru setiap kali akan melakukan hubungan intim.

Selain aturan di atas, terdapat tips yang perlu diperhatikan pasutri saat akan membuka kemasan kondom. Sebelum membuka kemasan, dorong kondom ke sisi berlawanan agar tidak robek bersama kemasan. Setelah kemasan terbuka, angkat ujung kondom dengan jari-jari untuk mencegah udara tersimpan di ujung kondom.

Cara Buang Kondom

Kondom bekas pakai tidak boleh dibuang begitu saja. Setelah kondom dilepaskan, jangan menggulungnya karena sisa sperma yang ada didalamnya sangat berbahaya. Hal ini perlu diperhatikan demi mencegah penularan penyakit seksual.

Cara membuang kondom bekas pakai yang benar adalah dengan membungkus kondom ke dalam tisu, kertas, atau plastik. Selanjutnya, buang kondom yang telah dibungkus tersebut di tempat sampah khusus.

Hindari membuang kondom bekas pakai di sembarang tempat, seperti di kloset toilet karena dapat menyumbat proses pembuangan limbah.

Baca Juga: Habis Hujan Terbitlah Kondom, Berceceran di Sebuah Gang Kota Tangerang

Itu dia aturan pakai dan cara buang kondom. Semoga bermanfaat!

Komentar