alexametrics

Akhir Pekan Waktunya Cheat Meal? Lakukan Ini Agar Diet Tetap Berhasil!

Risna Halidi | Lilis Varwati
Akhir Pekan Waktunya Cheat Meal? Lakukan Ini Agar Diet Tetap Berhasil!
Ilustrasi makan burger. (Pixabay/Michael Wave)

Cheat meal kerap dimanfaatkan untuk menyantap makanan apa pun tanpa peduli diet aturan diet.

Suara.com - Beberapa orang yang tengah menjalani diet ketat terkadang menjadikan akhir pekan sebagai cheat meal atau hari libur untuk diet.

Waktu tersebut kerap dimanfaatkan untuk menyantap makanan apa pun tanpa peduli diet aturan diet.

Sebagian ahli kesehatan percaya bahwa cheat meal bisa membantu tetap termotivasi dan fokus pada tujuan untuk menurunkan berat badan. Tetapi cheat meal juga harus dilakukan dengan perencanaan yang matang.

Apa yang akan dimakan dan kapan mengonsumsinya, semua itu juga akan memengaruhi program penurunan berat badan.

Baca Juga: Redam Rasa Cemas dengan Konsumsi Makanan Rumahan Ini

Dikutip dari Times of India, berikut saran lakukan cheat meal agar tak buat berat badan meningkat setiap akhir pekan.

1. Dimulai saat makan siang
Makan siang jadi waktu terbaik untuk menikmati makanan favorit Anda yang selama waktu diet harus dihindari. Tetap makan dengan porsi wajar dan jangan berlebihan. Tetapi saat pagi hari usahakan tetap santap sarapan sehat seperti biasa. Lalu nikmati suguhan favorit Anda di siang dan sore hari.

2. Kenapa cheat meal sebaiknya dimulai siang hari?
Cheat meal biasanya lebih cenderung teehadap makanan sarat karbohidrat, lemak atau juga gula. Jika Anda mengonsumsi makanan tersebut sejak pagi, hal itu bisa menyebabkan masalah pencernaan. Sarapan secara umum harus sehat dan seimbang. Karena di pagi hari metabolisme melambat akibat kekurangan energi dan perut mungkin kesulitan mencerna makanan yang berat.

Makanan yang sarat dengan karbohidrat dan lemak dapat memberi tekanan ekstra pada perut dan bisa menyebabkan masalah lambung, pencernaan, hingga mulas. Terlebih, saat pagi hari tubuh kelaparan karena puasa semalaman.

Lalu jika saat itu makanan favorit tersaji di hadapan Anda, pasti akan makan berlebihan. Cheat meal itu bagus, tapi makan berlebihan tidak. Bahkan saat sedang memanjakan diri dengan makanan favorit, tetap jangan lupakan kalorinya.

Baca Juga: Menko Airlangga Sebut Vaksinasi Corona Ada di Tangan BPOM

3. Tetap olahraga
Setiap cheat meal harus direncanakan dengan hati-hati. Jika Anda berencana menyantap makanan favorit di sore hari maka pastikan sarapan Anda sehat dan berolahraga di pagi hari seperti jalan-jalan atau lari untuk membakar kalori dari makanan yang Anda konsumsi. Selain itu, makan malam pada hari itu juga harus sehat dan rendah kalori.

Komentar