alexametrics

Ingin Tidur Lelap dan Bahagia, 5 Perlengkapan Harus Diperhatikan

Bimo Aria Fundrika | Dini Afrianti Efendi
Ingin Tidur Lelap dan Bahagia, 5 Perlengkapan Harus Diperhatikan
Ilustrasi tidur. (Sumber: Shutterstock)

Melalui sederat manfaat tidur itulah mengapa seseorang yang kekurangan tidur minimal 6 hingga 9 jam sehari, bisa sangat berpengaruh pada kesehatan fisik dan otaknya.

Suara.com - Tidur jadi kegiatan yang memberikan kesempatan bagi tubuh untuk beristirahat. Saat tidur suhu tubuh menurun 1 hingga 2 derajat celcius. 

Sehingga metabolisme tubuh akan meningkat dan akan memperbaiki sendiri kerusakan sel yang terjadi. Melalui tidur otak juga akan menata kembali memori, dan membuat kemampuan berpikir juga akan meningkat.

Melalui sederat manfaat tidur itulah mengapa seseorang yang kekurangan tidur minimal 6 hingga 9 jam sehari, bisa sangat berpengaruh pada kesehatan fisik dan otaknya. 

Tapi bukan berarti kamu tidak bisa mendapatkan tidur nyenyak dan berkualitas. Berikut daftar perlengkapan tidur yang harus dipenuhi demi tidur nyaman dan berkualitas, berdasarkan rilis SOGO yang diterima suara.com, Rabu (24/11/2020).

Baca Juga: 14 Tips Mengatasi Susah Tidur saat Hamil

1. Bantal

Selain kasur, hal yang perlu diperhatikan agar tidur malam Anda lebih nyaman adalah dengan memperhatikan penggunaan Bantal yang tepat. Menurut penelitian, jenis bantal  berpengaruh 20 persen terhadap kenyamanan tidur. Bantal berfungsi untuk menopang kepala dan leher agar tetap sejajar saat Anda tidur.

Ilustrasi bantal. (Pixabay)
Ilustrasi bantal. (Pixabay)

Tidur dengan bantal yang tidak tepat seperti terlalu besar atau terlalu tipis akan menyulitkan untuk terlelap, bahkan berdampak pada sakit kepala, dan nyeri pada bagian tertentu di tubuh. Untuk tidur berkualitas pilihlah bantal dengan fiber berkualitas seperti bulu angsa yang akan memberikan kelembutan, bahan latex pillow jadi penopang yang lebih nyaman. Bahkan, kini sudah tersedia bantal dengan teknologi yang bisa dicuci bersih dan kesehatan pengguna tetap terjaga.

2. Mattress Protector  

Mattres protector adalah salah satu benda pelindung kasur agar tidak mudah kotor. Mattress protector biasanya diletakkan di atas kasur sebelum dilapisi lagi dengan sprei. 

Baca Juga: Nagita Slavina Rilis Koleksi Baju Tidur, Mau Jadi Desainer?

Mattress Protector di toko SOGO tersedia dengan bahan yang waterproof, sehingga mudah dibersihkan, khususnya jika Anda keluarga dengan anak kecil yang masih mengompol, dengan perlengkapan ini kasur Anda bisa dijaga kebersihannya.

Mattress protector juga dapat memperpanjang umur kasur karena mampu mencegah kotoran dan udara lembab yang berpusat di kasur. Beberapa pelindung kasur juga sudah dilengkapi dengan anti alergi, anti bakteri dan teknologi pengurang virus yang akan melindungi Anda ketika berbaring.

3. Sprei atau Bed Linen

Sprei tempat tidur. [Shuttestock]
Sprei tempat tidur. [Shuttestock]

Berbeda dengan mattres protector yang jadi perantara antara kasus kan sprei, kali ini bed linen terletak di bagian terluar kasur, dan sprei ini juga berguna untuk melindungi kasur dari paparan debu dan kotoran secara langsung. Sprei juga beragam jenisnya, seperti katun yang sangat umum dan banyak varian, tencel, flanel, sutra, polyester, serat bambu, dan dengan bahan campuran.

Disarankan pilihlah bahan sprei atau bed linen yang memiliki serat halus dan dapat menyerap keringat Anda pada saat tidur. Memilih bed linen yang tepat juga berpengaruh besar pada kenyamanan tidur Anda.

4. Guling

Di Indonesia, penggunaan guling pada saat tidur sangat umum dilakukan, untuk itu pilihlah  guling dengan kualitas fiber yang baik dan dengan bahan halus dan lembut yang nyaman untuk Anda gunakan.

5. Selimut

Selimut sendiri merupakan sebuah perangkat tidur yang difungsikan untuk menutupi dan memberikan kehangatan pada saat Anda tidur. Berbeda dengan negara di Eropa, Indonesia  dikenal dengan iklim yang tropis, sehingga penggunaan selimut harus sangat diperhatikan. Pilihlah  selimut yang ringan dan menggunakan bahan yang memungkinkan sirkulasi udara bisa terus mengalir.

“Salah satu faktor yang mempengaruhi kenyamanan dari sebuah tempat tidur adalah topangan pada matras. Menurut survey, 49 persen konsumen menyebutkan bahwa body atau back support merupakan masalah utama mereka saat tidur”, ujar Mukti Argo Pambudi, selaku Group Brand Manager PT Duta Abadi Primantara yang memegang lisensi King Koil USA, penghasil merk-merk matras berkualitas di dunia. 

Ilustrasi pria tidur menggunakan selimut. (Shutterstock)
Ilustrasi pria tidur menggunakan selimut. (Shutterstock)

Topangan yang sempurna pada saat kita tidur juga berpengaruh signifikan terhadap ketenangan tidur, kecepatan mulai tertidur, kepuasan tidur dan kecukupan waktu tidur.

Sementara itu, matras dari King Koil diklaim memiliki area tingkat kenyamanan atau zoning comfort level yang sudah disesuaikan dengan level berat bagian tubuh manusia yang berbeda beda ketika tidur, yang akan mempengaruhi kesehatan pola tulang punggung belakang manusia. 

Teknologi 7-Zone Honeycomb Pocket Coil System memastikan topangan yang sempurna di setiap bagian titik berat tubuh di setiap posisi tidur. Disamping itu, matras King Koil juga sudah dilengkapi dengan material Talalay Latex & material terbaik yang exclusive didesain untuk meningkatkan kualitas kenyamanan matras King Koil.

Komentar