alexametrics

Kunci Sukses Diet, Kenali Jenis-Jenis Rasa Lapar

Vania Rossa
Kunci Sukses Diet, Kenali Jenis-Jenis Rasa Lapar
Ilustrasi lapar [shutterstock]

Ada 7 jenis rasa lapar yang pemicunya berbeda-beda.

Suara.com - Selama ini, kita hanya mengenal satu rasa lapar, yaitu ketika kita datang keinginan kuat untuk makan. Padahal, terkadang rasa lapar dikendalikan oleh pikiran, emosi, dan hanya sensasi semata, lho. Dan tahukah Anda, rasa lapar ternyata bisa dikendalikan jika kita tahu jenis rasa lapar apa yang kita alami.

Mengontrol makanan yang masuk ke dalam tubuh tak hanya jadi kunci sukses bagi diet yang kita lakukan, tapi juga dapat menghindari kita dari berbagai risiko penyakit kronis, gangguan tidur, hingga depresi.

Oleh karena itu, yuk mulai kenali jenis rasa lapar yang kita rasakan. Dilansir dari Boldsky dan mengutip dari Antara, ini dia 7 jenis rasa lapar yang harus kita ketahui.

1. Lapar pikiran
Sering nggak, sih, menjelang makan siang, kita berpikir, "Makan apa nanti ya? Duh, sepertinya sate ayam enak, nih!" Dan gara-gara pikiran itu, kita pun jadi terbawa lapar dan tak sabar menanti waktu makan siang.

Baca Juga: Merasa Lapar Berlebihan? Kenali 5 Masalah Kesehatan yang Menyebabkannya

Hal buruk tentang jenis lapar pikiran adalah bahwa pikiran kita bisa berubah dan begitu juga dengan preferensi makanan. Pikiran kita sering berubah karena dipengaruhi oleh ajakan teman, lingkungan, atau tips diet yang kita baca sebelum makan. Pada akhirnya, karena preferensi makan kita kerap berubah, justru banyak kebutuhan tubuh yang tidak terpenuhi.

2. Lapar hati
Lapar hati sering disebut dengan makan emosional, yang berarti bisa positif atau negatif. Sering kali, kita makan sebagai respons terhadap emosi negatif karena mengira makanan akan membantu mengisi kekosongan di hati atau menghindari perasaan menyakitkan untuk saat ini.

Contoh lainnya adalah menyantap makanan saat kita ingin mengingat kenangan dengan orang tertentu, seperti mendambalan masakan nenek atau ibu untuk merasakan kembali kebahagiaan masa kecil.

Nah, alih-alih mencari makanan setiap kali kita merasa bahagia, sedih, atau bernostalgia, ada baiknya kita atasi emosi dengan cara yang sehat, misal dengan melakukan aktivitas fisik atau berkumpul dengan teman-teman.

3. Lapar mata
Lapar mata dipicu saat kita melihat beberapa makanan yang menggoda atau lezat. Secara sederhana, itu terjadi ketika Anda tidak bisa menahan diri untuk tidak makan setelah melihatnya.

Baca Juga: Agar Tak Gampang Lapar, Coba Tekan dan Pijat Lima Area Tubuh Ini

Ini adalah strategi yang sering dimainkan oleh restoran atau supermarket untuk membuat orang mencicipi makanan yang mereka tawarkan.

Komentar