alexametrics

Tips Maksimalkan Konten di Platform Digital Bagi Para Jurnalis

Vania Rossa
Tips Maksimalkan Konten di Platform Digital Bagi Para Jurnalis
Tips Maksimalkan Konten di Platform Digital (Pexels)

Tokopedia menggandeng jurnalis dan content creator, Danang Arradian atau yang biasa disapa Cakdan, menggelar virtual workshop untuk jurnalis.

Suara.com - Di era digital ini, siapapun bisa mengunggah konten di platform digital. Terlebih, kini semakin banyak media sosial bermunculan, baik yang berformat teks, foto,ataupun video. Dan hal ini tentu saja semakin menguntungkan para jurnalis dan pembuat konten, di mana semakin banyak ruang untuk berkarya yang bisa dimanfaatkan.

Mengajak para jurnalis dan kreator konten memanfaatkan secara maksimal platform digital yang ada untuk berkarya, Tokopedia menggandeng jurnalis dan content creator, Danang Arradian atau yang biasa disapa Cakdan, menggelar virtual workshop untuk jurnalis. Kali ini tema yang diangkat adalah ‘Bagaimana Jurnalis Memaksimalkan Konten di Platform Digital’.

Berikut adalah tips memaksimalkan konten di platform digital dari Danang, yang ia bagikan dalam sesi virtual workshop, Jumat (26/2/2021).

1. Kenali Platform dan Audiens
“Beda platform tentu beda karakter konten dan audiens, maka sangat penting untuk mengetahui cara membuat konten yang sesuai pada masing-masing platform,” jelas Danang.

2. Kuasai Topik
Selain mempelajari karakter masing-masing platform digital, penting juga untuk memahami topik secara mendalam. Lakukan riset, wawancara dengan narasumber untuk mendapatkan informasi lebih akurat dan relevan.

Baca Juga: Cerita Awal Terjun jadi Konten Kreator, Idgitaf: Disuruh Teman

3. Berpikir Terbuka dan Cepat Beradaptasi
Terbuka terhadap tren baru, khususnya di tengah transformasi digital yang semakin pesat, dapat memberikan informasi, serta pengalaman baru untuk terus berinovasi.

4. Kuasai Public Speaking hingga SEO
Sangat penting menguasai berbagai keahlian, seperti public speaking, fotografi, videografi bahkan SEO, untuk menjadi seorang pencerita atau storyteller handal di era digital.

5. Bangun Identitas
Melakukan personal branding untuk membentuk identitas personal di mata publik, menurut Danang, sama halnya seperti menulis feature atau liputan khusus.

“Kepribadian, pengalaman, serta kemampuan pribadi dapat dijadikan angle beragam untuk membangun brand identity,” kata Danang.

6. Kolaborasi dan Aktif Media Sosial
Aktif melakukan networking dan memanfaatkan media sosial dapat memperluas pandangan, serta menjaga diri agar tetap relevan dengan perkembangan yang terjadi di tengah masyarakat.

Baca Juga: Terungkap Alasan Facebook Blokir Konten Berita Pengguna Australia

7. Terus Berkarya Hingga di-Notice
“Jangan takut menciptakan karya karena saat ini ada banyak sekali pilihan platform digital yang bisa dimanfaatkan. Temukan passion-mu, tantang dan tunjukan dirimu!” kata Danang.

Komentar