alexametrics

Ingin Ajarkan Anak Mandiri, Begini Caranya

Bimo Aria Fundrika
Ingin Ajarkan Anak Mandiri, Begini Caranya
Ilustrasi mengajari anak mandiri. (Shutterstock)

Melatih kemandirian pada anak, tidak bisa disamakan. Setiap anak memiliki kepribadian yang berbeda. Untuk itu, orang tua harus bisa memahami anak tersebut.

Suara.com - Merawat anak bukanlah hal yang mudah. Orang tua harus bisa memahami sifat anak sehingga dapat membantunya bertumbuh baik fisik maupun pikiran dan mental. S

eiring berkembangnya waktu, beberapa hal yang dilakukan anak tidak memerlukan bantuan orang tua. Untuk itu anak harus bisa belajar mandiri dalam melakukan sesuatu.

Melatih kemandirian pada anak, tidak bisa disamakan. Setiap anak memiliki kepribadian yang berbeda. Untuk itu, orang tua harus bisa memahami anak tersebut.

Tidak hanya itu, untuk membuatnya mandiri orang tua harus bisa memberikan kesempatan kepada anak untuk melakukan berbagai hal sendiri. Berikut terdapat beberapa tips untuk orang tua dalam mengajarkan mandiri kepada anak, di antaranya:

Baca Juga: Podcast Parenting Spotify Indonesia, Orang Tua Milenial Wajib Tahu!

1. Berikan tanggung jawab kepada anak

Ilustrasi ajari anak mandiri. (Shutterstock)

Salah satu cara untuk melatih kemandirian anak yaitu dengan memberikannya tanggung jawab untuk melkukan sesuatu. Tugas yang diberikan juga harus disesuaikan dengan kemampuan yang dimilikinya. Dengan memberinya tugas, anak akan mencoba melakukan hal tersebut sendiri tanpa bantuan orang tua.

2. Hindari ikut campur dalam urusan anak

Saat anak melakukan sesuatu, orang tua diharap untuk tidak selalu membantu atau ikut campur dalam uruasan tersebut. Selain itu, hindari juga untuk memegang anak terlalu sering. Biarkan dirinya mengeksplor kemampuannya. Jika anak membutuhkan bantuan, orang tua dapat menolongnya berupa intruksi atau saran, sehingga dirinya tetap melakukannya sendiri.

3. Berikan pilihan kepada anak

Baca Juga: Agar Anak Tak Menumbuhkan Sifat Rasis, Coba Terapkan Tips Parenting Ini

Saat sedang memilih sesuatu, seperti makanan atau barang, biarkan anak untuk memilihnya. Jika hal yang akan dipilih terlalu banyak, orang tua dapat membantunya dengan memberikan opsi kepadanya. Hal tersebut akan membuatnya belajar untuk memutuskan sesuatu. Dengan memberikan kesempatan anak untuk memilih akan membuat dirinya bebas, sehingga tidak bergantung kepada orang lain.

Komentar