alexametrics

Bangkitkan Pariwisata, Ratusan Pekerja Wisata di Bali Dapat Vaksin Covid-19

M. Reza Sulaiman | Lilis Varwati
Bangkitkan Pariwisata, Ratusan Pekerja Wisata di Bali Dapat Vaksin Covid-19
Wisatawan lokal menikmati suasana saat liburan di Pantai Sanur, Denpasar, Bali, Senin (15/3/2021). ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo

Sebanyak 680 pekerja divaksinasi dalam satu hari, Selasa (16/3), demi bangkitnya kembali pariwisata Bali dan menciptakan wilayah bebas Covid-19.

Suara.com - Kementerian Kesehatan memberikan vaksin Covid-19 terhadap ratusan pekerja wisata di Ubud, Bali. Sebanyak 680 pekerja divaksinasi dalam satu hari, Selasa (16/3), demi bangkitnya kembali pariwisata Bali dan menciptakan wilayah bebas Covid-19.

Selain pekerja pariwisata, turut juga disuntik vaksin para tokoh agama, budayawan, dan kelompok lain yang dilakukan di Puri Ubud juga Central Parkir Mongkey Forest Ubud.

Presiden Joko Widodo dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin turut menghadiri penyuntikan vaksin tersebut.

Di Puri Ubud, penerima vaksinasi diswab antigen terlebih dahulu di luar lokasi pemberian vaksinasi. Setelah diketahui hasilnya negatif, peserta diarahkan masuk ke lokasi vaksinasi menuju meja pendaftaran dan dilanjutkan ke meja skrining untuk cek kesehatan.

Baca Juga: MUI Usul Vaksinasi Covid-19 saat Ramadan Dilakukan usai Berbuka Puasa

Skrining dilakukan mulai dari riwayat penyakit, penyakit yang sedang diderita, hingga riwayat berpergian ke luar kota dan kontak dengan kasus positif.

Setelah lolos skrining, peserta lanjut ke meja vaksinasi untuk disuntik. Begitu selesai, harus menunggu masa observasi selama 30 menit sebagai langkah preventif bila terjadi kejadian pasca imunisasi (KIPI).

Bali telah direncanakan untuk menjadi pilot project pembukaan pariwisata Indonesia. Tiga lokasi di Bali yang disiapkan yakni Ubud, Nusa Dua di Badung, dan Sanur di Denpasar.

Namun, pembukaan pariwisata Bali untuk wisatawan mancanegara belum akan dilakukan dalam waktu dekat. Lantaran tetap harus mempertimbangkan situasi pandemi Covid-19 di dunia.

Jokowi mengatakan, apabila laju penularan Covid-19 sudah melandai bahkan menurun dan hilang, maka mulai dari pemerintah provinsi, kabupaten, kota hingga pemerintah pusat akan mulai satu persatu membuka industri ekonomi khususnya di sektor pariwisata Provinsi Bali.

Baca Juga: Jika Covid-19 Terkendali, Jokowi Sebut Pariwisata Bali Dibuka Juli 2021

"Tapi saat kita perlu berbicara apa adanya, masih memerlukan tahapan-tahapan menuju ke sebuah situasi yang normal. Kita harapkan semuanya masih pada posisi waspada," kata Jokowi melalui keterangab tertulis yang diterima suara.com.

Tak hanya di Ubud, vaksinasi massal juga dilakukan di Harris Hotel and Residences Sunset Road, Denpasar. Sebanyak 1.000 orang pekerja pariwisata yang divaksinasi.

Komentar