alexametrics

6 Cara Membuat Presentasi yang Menarik

Rifan Aditya
6 Cara Membuat Presentasi yang Menarik
Ilustrasi Cara Membuat Presentasi yang Menarik - Tips Presentasi Menarik. [Shutterstock]

Bagaimana cara membuat presentasi yang menarik?

Suara.com - Mempresentasikan satu hal pada orang lain bisa menjadi kunci pembuka kesempatan baru. Tapi sebenarnya bagaimana cara membuat presentasi yang menarik? Perhatikan langkahnya berikut ini.

Tidak heran, presentasi yang disajikan hampir selalu memiliki persiapan yang matang. Tujuannya sederhana, agar presentasi tersebut dapat dipahami, menarik minat audiensnya, serta bisa membuat orang setuju atau mendapatkan insight baru. 

Cara Membuat Presentasi yang Menarik

Menarik memang bukan jadi satu hal yang saklek atau memiliki standar tersendiri. Yang jelas, Anda harus paham benar apa yang harus Anda presentasikan, dan pada siapa Anda mempresentasikannya.

Baca Juga: Cara Presentasi PowerPoint di Zoom dengan Fitur Share Screen

Secara umum, berikut beberapa tips yang bisa Anda gunakan.

  1. Pertama, padatkan jumlah slide yang Anda gunakan. Ingat, aplikasi yang biasa digunakan membuat presentasi adalah PowerPoint, artinya slide yang Anda presentasikan tak perlu terlalu banyak selama dapat mewakilkan poin penting yang ingin Anda sampaikan.
  2. Gunakan jenis huruf yang mudah dibaca dan ukurannya tepat. Dengan jenis huruf yang mudah dibaca dan jelas, Anda akan mengurangi resiko kejenuhan audiens pada presentasi yang disajikan. Setidaknya, mereka dapat membaca apa isi slide yang Anda sajikan dan memahami poin tersebut.
  3. Manfaatkan grafik, tabel, dan gambar. Agar presentasi semakin mudah disampaikan, manfaatkan grafik, tabel, dan gambar yang berhubungan dengan data yang Anda miliki. Grafik dan tabel dapat mempersingkat penyampaian data, sedangkan gambar dapat membuat presentasi tidak membosankan.
  4. Desain slide sesuai dengan tujuan dan nyaman dilihat. Nyaman dilihat bukan berarti slide Anda memiliki desain yang monoton. Sebaliknya, Anda bisa mendesain slide dengan berbagai desain modern atau unik agar audiens terus tertarik dengan materi yang disampaikan.
  5. Ingat pemilihan warna. Warna background dan tulisan harus dipilih dengan tepat. Sederhananya, tulisan akan terbaca dengan jelas jika kontras antara warna tulisan dan background memiliki perbedaan besar.
  6. Terakhir, jangan lupa periksa ejaan dan penulisan. Hal terakhir yang bisa membuat presentasi Anda kacau adalah adanya typo atau salah penulisan. Meski sederhana, hal ini bisa jadi indikasi Anda pribadi yang kurang teliti dan disiplin. Jadi periksa kembali sebelum menyajikan presentasi.

Memang tidak mudah menerapkan cara membuat presentasi yang menarik. Namun jika dilakukan dengan cermat dan teliti, presentasi Anda bisa benar-benar memberikan pengetahuan dan data yang sangat baik. Persiapkan juga mental Anda agar tetap percaya diri dengan apa yang Anda miliki untuk meyakinkan audiens mengenai sajian Anda.

Kontributor : I Made Rendika Ardian

Komentar