alexametrics

Tips Laris Manis Memulai Usaha Online di Bulan Ramadan

Risna Halidi | Dinda Rachmawati
Tips Laris Manis Memulai Usaha Online di Bulan Ramadan
Ilustrasi olshop, online shop, toko online. [Shutterstock]

Ramadan kerap dijadikan peluang bagi masyarakat yang ingin memulai usaha untuk mendapatkan penghasilan lebih. Salah satunya dengan berjualan online.

Suara.com - Ramadan kerap dijadikan peluang bagi masyarakat yang ingin memulai usaha untuk mendapatkan penghasilan lebih. Mulai dari berjualan pakaian, perlengkapan ibadah, hingga takjil dan makanan.

Terkait hal tersebut, kanal digital, kata External Communications Senior Lead Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya, dinilai lebih efektif untuk memulai maupun mempertahankan usaha di tengah pandemi, tak terkecuali menjelang bulan Ramadan.

"Selain memanfaatkan kanal digital, berkolaborasi dan berinovasi juga menjadi kunci menghadapi pandemi. Inilah yang dilakukan Tokopedia bersama lebih dari 10 juta penjual tergabung yang hampir 100 persennya UMKM," jelas dia berdasarkan siaran pers yang Suara.com terima.

Nah, untuk meningkatkan penjualan online selama bulan Ramadan, berikut 5 tips yang dibagikan Tokopedia.

Baca Juga: Jaga Telinga dari Hal Buruk di Bulan Ramadan, JOOX Hadirkan 'Kedap Suara'

1. Cari tahu produk yang sedang laris
Penjual online khususnya di Tokopedia bisa memanfaatkan fitur Wawasan Pasar. Fitur ini memungkinkan penjual melihat kata kunci yang paling sering digunakan pembeli, produk terlaris, rekomendasi kategori sampai inspirasi tren produk.

2. Upgrade dan percantik toko
Semakin upgrade toko, semakin banyak juga fitur eksklusif yang bisa dipakai penjual untuk meningkatkan penjualan dan kepercayaan pembeli. Salah satunya, fitur Dekorasi Toko. Fitur ini bisa mempercantik tampilan toko agar menarik lebih banyak pembeli.

3. Aktifkan promo bebas ongkir favorit pembeli
Penjual juga dapat mengaktifkan Bebas Ongkir untuk meningkatkan penjualan bahkan menjangkau lebih banyak pembeli di luar pulau, khususnya selama bulan Ramadan, dimana kebutuhan sehari-hari masyarakat cenderung meningkat.

4. Upload produk parsel Ramadan
“Transaksi parsel makanan di Tokopedia pada Ramadan 2020 tercatat melonjak hampir 4 kali lipat jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya,” kata Ekhel.

Ramadan tahun ini, penjual bisa mendongkrak penjualan lewat halaman khusus Parsel Ramadan dengan cara meng-upload produk parsel dengan rumus penamaan produk: Parsel Ramadan + Jenis Produk + Merek + Keterangan.

Baca Juga: Musisi Sal Priadi Ungkap Kerinduan Sentuhan Tangan di Bulan Ramadan

5. Manfaatkan media sosial untuk promosi
Untuk lebih mendorong penjualan, khususnya selama Ramadan, penjual bisa membuat promo sendiri sesuai dengan budget yang ada melalui fitur Voucher Toko. Bentuk voucher bisa berupa cashback atau gratis ongkir. Setelah jadi, bagikanlah voucher tersebut lewat media sosial.

Komentar