alexametrics

Wisata Religi saat Ramadhan, Ini Dia 5 Masjid Tercantik di Indonesia

M. Reza Sulaiman | Dini Afrianti Efendi
Wisata Religi saat Ramadhan, Ini Dia 5 Masjid Tercantik di Indonesia
Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh. (Shutterstock)

Saat Ramadhan biasanya ibadah religius cenderung akan meningkat, termasuk mengunjungi berbagai situs religi untuk mempelajari sejarah islam lebih dalam.

Suara.com - Saat Ramadhan biasanya ibadah religius cenderung akan meningkat, termasuk mengunjungi berbagai situs religi untuk mempelajari sejarah islam lebih dalam. Salah satunya bisa dengan cara mengunjungi masjid, tempat ibadah umat islam.

Nah, menyinggung soal masjid tidak hanya besar dan megah, di Indonesia terdapat beberapa masjid cantik yang bisa memanjakan mata mereka yang melihat dan para pengunjungnya.

Penasaran masjid apa saja? Berikut daftarnya mengutip siaran pers RedDoor, Rabu (5/5/2021).

1. Masjid Raya Baiturrahman, Aceh

Baca Juga: Tradisi Menyulut Meriam Masjid Al A'raf Rangkasbitung, Pertanda Buka Puasa

Masjid Raya Baiturrahman merupakan ikon masjid dari kota Banda Aceh dan menjadi ikon monumental pasca Tsunami Aceh di tahun 2004.

Arsitektur masjid ini bergaya kuno ala negara India, sehingga membuat masjid ini menjadi tempat wisata religi yang menarik untuk dikunjungi. Namun tentu tak boleh mengabaikan kegunaan utama masjid sebagai tempat ibadah.

Masjid Raya Baiturrahman dibangun pada 1612 M oleh Sultan Iskandar Muda Mahkota Alam. Masjid ini sudah mengalami beberapa kali renovasi, seperti perluasan dan penambahan kubah.

2. Masjid Agung, Semarang

Masjid Agung Semarang dikenal karena memiliki arsitektur unik serta termegah di Indonesia, salah satunya adalah memiliki payung hidrolik raksasa yang mirip seperti di Masjid Nabawi, Mekkah.

Baca Juga: Unik! Masjid Tua Ini Dibangun di Atas Bongkahan Batu Besar

Masjid Agung Semarang. (kemenag.go.id)
Masjid Agung Semarang. (kemenag.go.id)

Selain berfungsi sebagai tempat ibadah, masjid ini juga menjadi objek wisata terpadu, pusat pendidikan, dan pusat syiar agama Islam.

Komentar