alexametrics

Selain Malioboro, Ini Lokasi Wisata Belanja Paling Hits di Yogyakarta

Fabiola Febrinastri
Selain Malioboro, Ini Lokasi Wisata Belanja Paling Hits  di Yogyakarta
Malioboro. (Ist)

DIY menjadi salah satu pusat studi budaya para peneliti domestik maupun mancanegara.

Suara.com - Sebutan Daerah Istimewa memang layak disandang Yogyakarta!

Bila ditelusuri dari sisi sejarah, Daerah Istimewa Yogyakarta atau disingkat DIY, pernah menjadi ibu kota Indonesia. Hal itu terjadi pada  4 Januari 1946 - 27 Desember 1949.

Sejarah dan budayanya mampu menarik minat berbagai penelitian, sehingga DIY menjadi salah satu pusat studi budaya para peneliti domestik maupun mancanegara. Kekayaan sejarah dan budaya Yogyakarta didukung oleh hasil budaya masyarakat Jawa di masa lalu, dalam bentuk artefak menarik, yang banyak ditemukan di seantero Yogyakarta.

Belum lagi bentangan alam yang indah, yang dipadu dengan berbagai peninggalan bersejarahnya, sehingga membuat Yogyakarta menjadi salah satu obyek wisata paling menarik di Pulau Jawa.

Satu lagi kelebihan Yogyakarta, yang mulai marak terjadi selama satu dekade terakhir, yaitu menjadi lokasi wisata belanja! Sebagai daerah yang kaya dengan kerajinan budaya eksotik, Yogyakarta juga menjadi lokasi tujuan wisatatawan dalam dan luar negeri yang ingin berburu barang-barang kerajinan tangan atau bahkan hanya sekadar menikmati makanan tradisionalnya.

Semua produk itu bisa didapatkan di pasar-pasar paling top di Yogyakarta. Jangan bilang pernah ke Yogya, ya, sebelum mampir di pasar-pasar ini;

1. Pasar Malioboro

Pasar Malioboro. (Ist)
Pasar Malioboro. (Ist)

Inilah pasar paling terkenal di seantero Yogyakarta. Turis bisa menikmati kemeriahan Malioboro dengan berbelanja, atau sekadar menikmati suasana di pedestrian yang disediakan. Jajaran kendaraan tradisional berupa andong dan becak melengkapi suasana.

Bagi yang ingin belanja oleh-oleh berupa sandang, aneka batik, pernak-pernik, tas, kerajinan tangan, dan aksesori, Anda  bisa menelusuri Malioboro. Jika Anda membeli barang di kaki lima, Anda harus bersiap untuk bertransaksi secara tawar-menawar. Kalau ingin membeli di toko, maka Anda dapat melihat harganya yang sudah tertera pada barangnya.

Jika lelah berjalan-jalan, silakan menikmati aneka makanan di lesehan. Banyak juga restoran murah yang tersedia di sekitar Malioboro. Pusat belanja Malioboro berlokasi di Ngupasan, Kecamatan Gondomanan, Yogyakarta dan buka setiap hari, 24 jam!

Komentar