alexametrics

Karakter Pak Tirta di Suara Hati Istri Dituduh Pedofil, Memang Seperti Apa Ciri-Cirinya?

Vania Rossa | Dini Afrianti Efendi
Karakter Pak Tirta di Suara Hati Istri Dituduh Pedofil, Memang Seperti Apa Ciri-Cirinya?
Ilustrasi pedofilia. [Shutterstock]

Apa sebenarnya pedofilia? Dan bagaimana sebenarnya ciri-ciri sosok pedofil?

Suara.com - Heboh sinetron di salah satu televisi swasta berjudul Suara Hati Istri, disebut warganet mengandung nilai yang menyimpang seperti perkawinan usia anak hingga pedofilia. Dalam sinetron tersebut, dikisahkan artis Lea Chiaracher (14) yang berperan sebagai Zahra, istri ketiga dari sosok lelaki berusia 39 tahun bernama Pak Tirta (Panji Saputra). Gara-gara itu, banyak warganet menuduh sosok Pak Tirta sebagai pedofil.

Hal ini semakin diperkuat dengan adanya adegan Pak Tirta mencium kening Zahra dan mendekati perutnya yang sedang hamil. Warganet menilai tindakan tersebut tidak pantas dilakukan kepada sosok artis yang belum genap berusia 15 tahun itu.

Tapi, apa sebenarnya pedofilia? Dan bagaimana sebenarnya ciri-ciri sosok pedofil?

Mengutip Thoughtco, pedofilia adalah gangguan kejiwaan di mana orang dewasa atau remaja yang lebih tua tertarik secara seksual kepada anak kecil.

Baca Juga: 4 Artis Ini Komentari Sinetron Zahra, Ernest Prakasa Singgung Nurani dan Akal Sehat

Mengerikannya sosok pedofil bisa siapa saja, tua ataupun muda, kaya atau miskin, berpendidikan atau tidak, bahkan baik lelaki maupun perempuan. Meski jumlah laporan terbanyak pedofil merupakan lelaki, tapi ada juga laporan pedofil adalah seorang perempuan meski tidak banyak.

Berikut ini beberapa ciri-ciri pedofilia yang perlu diwaspadai:

  1. Sering terpesona dengan aktivitas anak-anak, bahkan kerap lebih suka aktivitas bersama anak-anak dibanding aktivitas bersama orang dewasa.
  2. Pedofil juga kerap memanggil anak dengan istilah tidak biasa, seperti malaikat cantik atau tampan, anak polos, anak harum surgawi, bidadari, hingga kata-kata yang tidak pantas dan terdengar berlebihan.
  3. Dalam hal hobi, pedofil juga kerap kekanak-kanakan, seperti mengoleksi mainan mahal populer, memelihara hewan atau reptil yang eksotis, atau mengoleksi dan membuat model pesawat dan mobilan.
  4. Sering kali memiliki ruangan atau lingkungan sekitarnya yang didekorasi khusus untuk menarik anak, sehingga akan lebih mudah membujuknya.
  5. Pedofil juga suka anak yang sudah mendekati masa pubertas, dan belum pernah mendapatkan pengalaman seksual, dan anak yang ingin tahu tentang seks.
  6. Sikapnya sangat berbeda, alih-alih mencoba menyelami kehidupan anak-anak, pedofil juga sering memperlakukan anak-anak seperti orang dewasa.
  7. Pedofil juga kerap dipekerjakan di posisi yang sehari-hari melakukan kontak langsung dengan anak-anak. Bahkan ia kerap rela menjadi relawan yang berhubungan dengan anak-anak.

Komentar