alexametrics

HUT DKI Jakarta Ke-494, Rayakan dengan Menikmati 5 Kuliner Khas Betawi Ini Yuk

Vania Rossa | Dinda Rachmawati
HUT DKI Jakarta Ke-494, Rayakan dengan Menikmati 5 Kuliner Khas Betawi Ini Yuk
Kerak Telor, Kuliner Khas Betawi. (Shutterstock)

5 kuliner khas Betawi ini beberapa di antaranya sudah sulit ditemui, lho.

Suara.com - HUT DKI Jakarta diperingati setiap tanggal 22 Juni. Tahun ini, ibu kota merayakan hari jadinya yang ke-494. Masih sama seperti tahun sebelumnya, HUT DKI Jakarta ke-494 kali ini dirayakan di tengah pandemi yang masih mengkhawatirkan.

Namun, bukan berarti warga Jakarta tak bisa merayakannya dengan sukacita. Terlebih, kota satu ini memiliki magnet tersendiri bagi banyak orang, terutama soal kulinernya.

Agar perayaan HUT DKI Jakarta tahun ini tetap spesial, simak kembali 5 kuliner lezat khas kota Jakarta berikut, yang mungkin bisa kamu nikmati hari ini.

1. Kerak telur
Seperti namanya, makanan unik satu ini dibuat dengan bahan berupa beras ketan putih, telur ayam atau bebek, ebi yang disangrai kering, ditambah bawang merah goreng, lalu diberi bumbu yang dihaluskan.

Baca Juga: Kasus Covid-19 Meroket, Anies Tetap Gelar Upacara HUT Jakarta

Bumbunya sendiri berupa kelapa sangrai, cabai merah, kencur, jahe, merica butiran, garam dan gula pasir. Paduan bumbu ini menjadi keunikan tersendiri saat kamu menikmati kerak telur, karena rasanya yang gurih, berpadu dengan rasa manis dengan tekstur yang khas.

2. Asinan Betawi
Hidangan satu ini memiliki citarasa yang segar, karena terbuat dari sayuran yang diawetkan, yaitu sawi asin. Satu porsi asinan betawi akan berisi sawi asin dan sayuran segar seperti wortel parut, kubis iris, taoge, dan selada.

Hidangan ini dilengkapi dengan tahu kuning potong yang bertekstur lembut dan disiram bumbu kacang yang dicampur dengan cuka dan cabai. Hidangan ini akan makin nikmat jika diberi taburan kacang goreng, juga kerupuk mi kuning.

3. Gado-gado
Makanan satu ini juga begitu populer dan mudah untuk ditemui. Hidangan ini berupa sayur-sayuran yang direbus dan dicampur jadi satu, lalu disiram dengan kuah bumbu kacang yang bercitarasa pedas, manis dan gurih.

Sebagai pelengkap, gado-gado bisa ditambahkan irisan telur rebus, tahu, dan tempe goreng juga kerupuk. Nikmati hidangan ini untuk makan siangmu yuk!

Baca Juga: HUT DKI Jakarta Ke-494, Ini Suka Duka Warga Selama Tinggal di Ibukota

4. Kue rangi
Kue tradisional Betawi ini memiliki keunikan tersendiri. Terbuat dari campuran tepung kanji dan tambahan kelapa parut, nantinya adonan akan dipanggang di cetakan khusus di atas tungku kecil dan ditutup agar cepat matang.

Komentar